Ajang IFA 2018 yang digelar di Berlin, Jerman memang sudah berlalu dan salah satu raksasa teknologi dunia, Huawei telah berbagi beberapa rencananya ke depan. Perusahaan asal Tiongkok ini bakal menghadirkan smartphone yang dapat dilipat pertama miliknya yang diklaim bisa menggantikan perangkat komputer. Selain itu, diketahui perusahaan ini juga tengah mempersiapkan smartphone berkemampuan 5G.

Seperti yang dilaporkan Forbes, Deputy Chairman Huawei, Ken Hu menjelaskan pada ajang World Economic Forum yang berlangsung pekan lalu, dimana Hu mengatakan jika teknologi layar lipat serta kemampuan 5G akan diterapkan pada satu perangkat yang sama. Jika rencana tersebut terealisasi, smartphone tersebut akan menjadi smartphone 5G pertama yang memiliki layar lipat pertama di dunia.

Selain itu, Hu juga mengatakan jika ketersediaan smartphone lipat pertama di dunia dengan dukungan jaringan 5G tersebut akan dirilis pada pertengahan tahun 2019. Namun dengan catatan bahwa perusahaan lain belum merilis perangkat foldable milik mereka. Seperti yang kita ketahui, beberapa perusahaan seperti Samsung sering dikabarkan tengah menggarap ponsel dengan konsep yang sama. Terlebih lagi, Samsung memiliki divisi khusus yang mengembangkan dan memproduksi panel layar, yakni Samsung Display.

Sementara untuk teknologi jaringan generasi kelima (5G) akan mulai digelar di beberapa negara maju seperti AS dan Korea Selatan pada awal tahun 2019 mendatang. Karena merupakan generasi berikutnya dari jaringan yang sudah ada saat ini, tentu keutamaan dari jaringan 5G adalah kecepatan transfer data yang sangat tinggi dengan latensi yang rendah.

Untuk menangani teknologi 5G, tentu smartphone lipat milik Huawei harus dibekali dengan SoC yang mendukung. Kabarnya, chipset terbaru buatan Huawei, yakni Kirin 980 dan mendukung teknologi 5G Balong 5000 buatan Huawei.

Belum diketahui panel jenis apa yang akan digunakan oleh Huawei pada smartphone lipat miliknya, namun diperkirakan adalah panel OLED fleksibel yang sudah mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan pemasok panel layar. Kita nantikan saja kabar berikutnya tentang smartphone lipat berkemampuan 5G milik Huawei ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here