Huawei terus berusaha untuk mengembangkan usaha miliknya. Sebagai langkah nyata, Chairman Grup Konsumen Bisnis Huawei Richard Yu mengatakan bahwa pihaknya tertarik untuk melakukan langkah akuisisi. Bahkan dalam sesi wawancara dengan Financial Times, Yu mengatakan bahwa pihaknya ‘open minded’ terhadap langkah akuisisi tersebut.

Yu tidak mengatakan secara detail langkah akuisisi yang akan dilakukan oleh Huawei terhadap Nokia. Kemungkinan besar saat ini mereka memang tengah melakukan pembicaraan awal dengan pihak Nokia terkait langkah akuisisi tersebut. Lebih lanjut, Yu mengatakan bahwa bisnis penjualan handphone Windows Phone terbilang cukup sulit.

Dia melanjutkan bahwa share market Windows Phone terbilang sangat kecil, ditambah lagi perusahaan juga harus mengeluarkan biaya lisensi. Hal berbeda untuk platform Android di mana produsen smartphone tidak membutuhkan adanya biaya lisensi.

Namun pihak Nokia sendiri nampaknya akan sulit untuk menerima akuisisi yang bakal dilakukan oleh Huawei. Terlebih saat ini mereka memiliki kerjasama yang menguntungkan dengan Microsoft. Bahkan dikatakan bahwa Microsoft telah membayar uang sebesar 1 miliar USD kepada Nokia agar mereka membangun smartphone Windows Phone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here