Setelah beberapa waktu terakhir bocoran tentang smartphone terbaru Huawei terus bermunculan, akhirnya perusahaan mengumumkan kehadiran Huawei Y9 2019 dan mengungkapkan spesifikasi yang diusungnya. Ini merupakan smartphone penerus dari Y8 (2018) yang diluncurkan tahun lalu.

Huawei sangat cermat dalam melihat trend smartphone saat ini, dimana desain dari Huawei Y9 2019 mengusung warna gradasi dan akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Midnight Black, Blue Swarovski, dan Aurora Purple. 

Smartphone ini mengusung layar seluas 6,2 inci dengan resolusi Full HD+ (2340×1080 piksel) dan dilapisi dengan kaca melengkung 2.5D di bagian atas dan aspek rasio 19,5:9. Layar smartphone ini memiliki poni sebagai tempat untuk kamera. Sementara untuk dapur pacu, Y9 (2019) didukung oleh prosesor Kirin 710 dengan CPU octa-core 12nm yang merupakan buatan perusahaan sendiri. Itu adalah chipset kelas menengah yang diluncurkan perusahaan beberapa bulan yang lalu.

Huawei Y9 (2019) datang dalam dua varian berdasarkan konfigurasi memori. Model RAM 4GB memiliki 64GB penyimpanan internal sementara model RAM 6GB dilengkapi dengan penyimpanan internal 128GB. Selain itu, kedua model juga memiliki slot kartu microSD, yang memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan lebih besar hingga 400GB.

Untuk keperluan fotografi, smartphone ini dibekali dengan total empat buah kamera yang terdiri dari dual-kamera 16MP+2MP di sisi belakang dan dual-kamera 13MP+2MP di bagian depan. Untuk kamera belakang ditata secara vertikal di sudut kiri bersama dengan LED flash.

Untuk fitur lainnya, terdapat sensor fingerprint yang terletak di bagian belakang dan sensor tersebut diklaim oleh perusahaan dapat membuka kunci dalam waktu 0,3 detik. Sementara untuk konektivitas pada perangkat termasuk Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 ac (2.4GHz / 5GHz), Bluetooth v5, dan GPS/GLONASS.

Smartphone ini menjalankan Android 8.1 Oreo yang dibalut dengan UI EMUI 8.2 milik perusahaan. Tak ketinggalan, baterai sebesar 4.000mAh juga sudah tersemat pada smartphone tersebut yang didukung dengan teknologi pengisian cepat. Sementara smartphone ini diharapkan mulai dijual di pasar Tiongkok akhir bulan ini, perusahaan belum mengumumkan informasi harga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here