You are currently viewing Indonesia dan Apple Resmi Jalin Kerja Sama Bangun Fasilitas R&D

Indonesia dan Apple Resmi Jalin Kerja Sama Bangun Fasilitas R&D

Beberapa bulan lalu sempat terdengar bahwa Apple bakal menjalin kerjasama dengan Indonesia dalam mengembangkan pangsa pasarnya. Tak lama kemudian kabar berhembus lagi dimana menyebutkan bahwa kerjasama Apple dan Indonesia adalah pada bidang riset dan pengembangan.

jabat-tangan

Waktunya pun telah tiba, dimana akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk melakukan kerja sama. Seperti yang dilansir dari Tempo, Kementerian Komunikasi dan Informatika sepakat untuk menjalin kerja sama dengan Appe Inc dalam membangun fasilitas R&D (riset dan pengembangan).

Saat diwawancarai, Rudiantara menyebut bahwa kita (Indonesia) sudah resmi menandatangani kerja sama dengan mereka (Apple). Tak hanya itu, Rudiantara menambahkan bahwa nantinya yang tenaga kerja yang akan direkrut adalah warga Indonesia asli.

Rudiantara juga mengatakan bahwa untuk saat ini ruang lingkup Apple dan Indonesia sebatas riset dan pengembangan. Jika soal industri, dikatakannya adalah tugas dari Menteri Perindustrian, sehingga bukan kapasitasnya untuk mengatakan lebih jauh mengenai rencana perindustrian Apple di Indonesia.

Disebutkan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Apple adalah hal yang sangat penting. Hal tersebut karena Apple melirik Indonesia menjadi bagian rencana investasi perusahaan dengan logo buah Apel tersebut.

Nilainya sangat tinggi, Rudiantara menjelaskan bahwa ada lebih dari Rp 100 miliar yang akan diinvestasikan Apple di Indonesia. Namun dirinya tidak menjelaskan lebih rinci, karena dirinya mempersilahkan Apple yang memberikan petunjuk lebih detail. Dalam waktu dekat ini Indonesia dikabarkan bakal mengundang para petinggi Apple dalam membahas rencana pembangunan fasilitas R&D ini. Rumornya bakal dibangun di Bandung, Jawa Barat.

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply