Samsung Gear VR 2

Teknologi VR bukan sesuatu yang mahal lagi untuk saat ini, dimana dengan biaya yang murah Anda sudah bisa menikmatinya. Namun pasti Anda pernah merasakan mual atau pusing setelah menggunakannya. Tampaknya masalah tersebut dipahami oleh Samsung dan kini raksasa Korea Selatan itu berencana untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggarap Gear VR berikutnya dengan display 2000ppi.

Samsung Gear VR 2
Samsung Gear VR 2

Info tersebut berasal dari orang dalam industri yang mengatakan bahwa layarnya adalah OLED. Samsung mengatakan bahwa melewati tanda 1000ppi dapat menghilangkan rasa mual akibat penggunaan headset VR. Berbeda dengan Gear VR saat ini yang masih membutuhkan penggunaan ponsel, headset baru ini akan bekerja secara independen.

Namun 2000ppi sangatlah tinggi. Sebut saja headset Oculus Rift hanya memiliki 461ppi, yang sama seperti HTC Vive. Sementara Galaxy S8 memiliki kerapatan piksel 570ppi dan itu adalah layar untuk ponsel paling rapat sat ini. Namun menghadirkan headset VR baru tersebut bukan hal yang tidak mungkin bagi Samsung Display yang memang memiliki tugas untuk mengembangkan panel layar.

Samsung sendiri telah memamerkan panel layar baru seluas 3.5 inci dengan 858ppi, namun tampaknya layar tersebut masih belum bisa menghilangkan rasa mual. Selain untuk bermain game, headset baru juga akan cocok untuk menonton film karena memiliki resolusi tinggi. Headset Gear VR yang baru diperkirakan akan diluncurkan bersama dengan Galaxy S9 tahun depan dan pasti memiliki harga yang lebih mahal.

Di sisi lain, saat ini Google juga mengerjakan sepasang headset VR Daydream mandiri, dimana mereka menggandeng HTC dan Lenovo. Headset ini akan didukung oleh chip dari Qualcomm dan diperkirakan akan meluncur pada akhir tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here