Sekarang laptop, notebook, komputer atau  netbook yang ada di pasaran paling menyediakan 2 tawaran sistem operasi, Windows atau Linux. Tapi bagaimana kalau Anda penyuka Android dan ingin menginstall Android di laptop atau notebook atau netbook Anda ?

Tenang saja, karena sudah ada distribusi Android khusus untuk hardware berbasis X86 yang umum dipakai di laptop atau notebook karena menggunakan prosesor Intel atau N. (berbeda dengan hardware tablet atau smartphone Android yang biasanya berbasis ARM).

android-x86

Nah nama distribusi khusus ini bernama Android-x86 yang memang merupakan versi modifikasi dari kode Android Open Source Project (AOSP)  di mana didesain khusus untuk perangkat berbasis prosesor/chip Intel atau AMD yang sekarang sudah merilis versi Android 4.4 Kitkatnya.

Anda bisa menginstall pada PC seperti install Ubuntu atau Linux lain, bahkan ada pilihan tanpa install dengan menggunakan versi LiveCD. Pada saat penulisan ini, versi terbaru atau terakhir adalah versi Android-x86 4.4-r1.  Tidak menutup kemungkinan Anda menginstall Android di dalam Virtual machine (seperti VirtualBox) sehingga tidak perlu menghapus sistem operasi yang sudah ada.

Jadi silakan download dan install Android x86 untuk mencobanya, Download versi 4.4-r1 di http://www.android-x86.org/releases/releasenote-4-4-r1

Anda bisa melihat contoh live Android x86 pada komputer desktop yang bisa digunakan untuk bermain game Android di video berikut:

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here