Anda pengguna smartphone low-end ? Atau belum memiliki cukup uang untuk membeli smartphone high-end dengan fitur fingerprint? Tenang, Anda masih bisa menikmati fitur serupa menggunakan aplikasi gratis langsung dari smartphone Anda. Nama aplikasinya adalah App Lock Finger Print yang dikembangkan oleh SUXD.

Gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi

Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis di Play Store, dan Anda dapat mengunduhnya pada smartphone Anda. Aplikasi ini dapat berjalan pada perangkat Android minimal Jelly Bean 4.1 serta memiliki kamera belakang dengan fitur autofocus.

Kenapa kamera belakang sangat penting? Ya, karena aplikasi ini hanya mengandalkan kamera belakang untuk memindai pola sidik jari Anda. Dengan mengaktifkan penguncian menggunakan pola sidik jari, maka Anda dimungkinkan dapat mengunci berbagai macam aplikasi seperti BBM, pesan, panggilan, gallery, dan lain-lain.

Cara mengaturnya pun cukup mudah, jika Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut ikuti cara berikut.

  • Buka aplikasi App Lock Finger Print.
  • Kemudian pilih Finger Enroll, pada bagian ini Anda akan disuruh memilih bagian jari mana yang akan menjadi kendali untuk membuka kunci.

Choose Finger

  • Kemudian letakan jari yang telah Anda pilih kedepan kamera belakang dengan jarak 7-10cm.
  • Setelah itu letakan jari pada garis yang telah membentuk sebuah jari, posisikan jari Anda kedalam garis tersebut hingga berwarna hijau, jika warna masih merah tandanya jari Anda belum berada di posisi yang tepat.

placement

  • Anda akan diminta memindai sidik jari Anda beberapa kali untuk memastikan keakuratan pola sidik jari Anda.

Verification

  • Setelah selesai memindai sidik jari, Anda hanya perlu mengaktifkan izin aksesibilitas, setelah aktif Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci dan membukanya harus menggunakan sidik jari Anda.

aksesbilitas

  • Jika sidik Anda memindai sidik jari dengan benar, maka aplikasi yang terkunci akan terbuka setelah pemindaian berhasil. Jika jari yang pola jari yang dipinai tidak sesuai dengan pola yang telah direkam, maka aplikasi yang terkunci tidak akan tebuka dan akan kembali home screen.

Tak hanya penguncian aplikasi menggunakan sidik jari, Anda juga dapat menggunakan fitur umum seperti pattern dan pin. Dengan menggunakan aplikasi ini kita pun juga dapat merasakan fitur sensor fingerprint yang ada di smartphone high-end. Jadi tidak perlu membeli smartphone high-end yang harganya mahal hanya untuk sekedar mencoba sensor fingerprint.

Bagi Anda yang ingin mencobanya dapat mengunduhnya langsung dari Play Store atau melalui link berikut. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yakni gratis dan berbayar. Bagi Anda yang ingin mencobanya secara gratis Anda akan dihadapkan dengan beberapa iklan yang muncul, namun jika ingin menghilangkan iklan tersebut, Anda dapat menebusnya dengan harga Rp16.945.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here