Gerhana matahari adalah sebuah fenomena alam yang bisa dikatakan jarang terjadi. Seperti yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 esok, dimana warga Indonesia dapat menikmati gerhana matahari total (GMT). Momen yang terjadi 375 tahun sekali di tempat yang sama ini tidak hanya menyita perhatian warga Indonesia saja, namun juga dunia. Bahkan dikabarkan sekarang ini daerah yang bakal menikmati gerhana matahari total (GMT) sudah penuh dengan turis manca negara.

gerhana-matahari

Sayangnya, seperti yang kita ketahui bahwa hanya beberapa daerah yang dapat menikmati gerhana matahari total (GMT) ini. Mulai dari Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Luwuk, Ternate, dan Maba, yang bakal mencicipi gerhana matahari total pada tahun 2016 ini. Sedangkan untuk sebagian daerah di Indonesia hanya dapat menikmati gerhana matahari sebagian atau gerhana matahari sabit

Nah bagi Anda yang ingin mengabadikan fenomena alam yang bakal terjadi lagi di 2023 dan 2049 mendatang, perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan yang matang, berikut kami berikan tips memotret gerhana matahari.

  • Lindungi lensa kamera dengan filter
    Penggunaan filter pada lensa kamera dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk, seperti penggunaan filter ND (neutral density). Filter ND400 sangat disarankan untuk memotret gerhana matahari karena dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke lensa, atau lebih bagusnya menggunakan solar filter 3.8. Sangat berbahaya bila tidak menggunakan filter saat menangkap proses terjadinya gerhana matahari karena dapat merusak sensor kamera.

nd-filter

  • Gunakan lensa tele
    Penggunaan lensa tele agar kamera dapat menangkap objek foto yang jauh. Dalam memotret gerhana matahari, penggunaan lensa tele dianjurkan minimal 200mm agar hasilnya tidak terlalu kecil. Bila tidak memiliki lensa tele, bisa menggunakan beberapa kamera kompak yang memiliki zoom hingga 300mm, seperti Olympus Stylus 1, Nikon L830 atau Canon SX60.
lensa-tele-canon
Menggunakan lensa tele akan menghasilkan gambar yang lebih besar

 

  • Bidik objek gerhana matahari dengan mode Live View
    Bila Anda berniat menggunakan kamera yang memiliki viewfinder, jangan digunakan. Hal ini karena dengan menggunakan viewfinder sama halnya kita melihat langsung pancaran sinar matahari. Gunakanlah mode Live View yang menampilkan bidikan Anda melalui layar kamera DSLR atau kamera kompak Anda.
live-view-mode
Penggunaan mode Live View lebih aman daripada menggunakan viewfinder (Kredit: Digital Camera World)
  • Gunakan tripod
    Penggunaan tripod dalam memotret gerhana matahari sangatlah penting. Jika Anda kuat menenteng dan membidik kamera Anda selama 2 jam tidak masalah, tapi bagi Anda yang ingin membuat video time lapse, tripod adalah sebuah kewajiban.
Tripod akan membuat hasil foto lebih stabil, apalagi bagi Anda yang ingin membuat video time lapse
Tripod akan membuat hasil foto lebih stabil, apalagi bagi Anda yang ingin membuat video time lapse
  • Carilah tempat yang lapang
    Pemotretan gerhana matahari memerlukan lokasi yang bebas dari bangunan tinggi, carilah lokasi yang lapang seperti lapangan, atau perkebunan, atau bisa juga dataran tinggi. Dengan begini hasil foto akan lebih maksimal.
tanah-lapang
Tanah lapang yang luas akan menghasilkan foto yang lebih menarik, terlebih Anda bisa menjelajahi berbagai sudut untuk menghasilkan foto terbaik (Kredit: Infolombok)
  • Gunakan kacamata gerhana
    Menggunakan kacamata gerhana ini berfungsi sebagai filter sinar matahari yang masuk ke mata. Hal ini sebagai langkah antisipasi karena kita pasti selalu melihat objek foto, yaitu gerhana matahari secara langsung meski sudah menggunakan mode Live View. Penggunaan kacamata polarisasi juga dapat diterapkan karena kacamata ini juga menyaring sinar ultra violet yang dihasilkan dari pancaran sinar matahari

kacamata-gerhana

Kira-kira seperti itulah tips memotret gerhana matahari dari kami, yang pasti jangan sampai ketinggalan akan fenomena alam yang jarang terjadi ini. Sudah mempersiapkan peralatan untuk mengabadikan momen gerhana matahari besok?

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here