Pada tahun 2014 lalu, Amazon telah mulai mengembangkan smart speaker Amazon Echo. Setelah tiga tahun kemudian, beberapa raksasa teknologi lain juga ikut bersaing. Nama-nama besar seperti Google, Lenovo, dan Apple juga tak ingin ketinggalan bersaing di segmen ini. Samsung diketahui tengah bekerja di segmen ini melalui proyek “Vega”, namun perusahaan asal Tiongkok tak ingin kalah dalam bersaing.

Alibaba-Smart-Speaker-featured

Ya, raksasa dari Tiongkok, yakni Alibaba turut dalam persaingan dengan mengandalkan smart speaker bernama AliGenie X1 dan asisten AI. Belakangan ini beredar rumor yang mengatakan jika e-commerce tersebut akan segera mengeluarkan smart speaker dan hari ini telah beredar laporan mengenai gadget tersebut. Smart speaker baru ini diperkenalkan di menara Drum di Beijing, Tiongkok hari ini.

AliGenie X1 mengambil instruksi dalam bahasa mandarin dan datang dengan asisten AI bernama Genie. Beberapa fungsinya meliputi kontrol smart home, pemutaran musik dan voice shopping. Speaker ini juga bisa mencatat daftar belanja dan mengatur pengingat. Smart speaker ini terlihat seperti Google Home berkat lubang speaker besar yang menutupi speaker.

Smart speaker AliGenie X1 didukung oleh chip suara Mediatek MT8516 terbaru. Chip ini dibuat khusus untuk perangkat yang didukung asisten suara dan speaker pintar ini memiliki dukungan Google Assistant dan Android Things. Chip perangkat ini terdiri dari quad-core Cortex-A53 yang memiliki clock 1.3GHz. Speaker ini memiliki mikrofon omni-directional 360° yang dapat mengambil suara dari jarak jauh hingga 5 meter. Selain itu, ada juga Bluetooth 4.0 LE serta konektivitas WiFi.

Sayangnya tidak ada info tentang ketersediaan speaker tersebut saat ini, namun AliGenie X1 akan dijual seharga ¥ 499 atau seharga Rp980 ribuan. Tentu itu harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Google Home seharga ($129 / Rp1,7 jutaan) dan Amazon Echo ($ 179.99 / Rp2,4 jutaan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here