Keberadaan baterai dalam sebuah laptop merupakan faktor yang krusial. Terlebih lagi jika kerap menggunakan laptop di luar rumah, dan di waktu yang bersamaan baterai tersebut ternyata hanya mampu bertahan digunakan dalam waktu yang singkat.

baterai laptop

Meski begitu, jangan dulu mempertimbangkan untuk langsung mengganti baterai dan membeli yang baru. Sebelumnya, kita bisa melihat dulu bagaimana kinerja baterai pada laptop yang digunakan. Terlebih lagi, caranya juga sangat mudah. Begini caranya!

1. Pertama adalah dengan menjalankan command prompt. Command prompt bisa dijalankan dengan mengetikkan CMD pada kolom pencarian. Setelah itu, klik kanan pada Command Prompt dan pilih dijalankan pada administrator.

2. Setelah berhasil masuk ke Command Prompt, maka selanjutnya bisa mengetikkan perintah “powercfg -energy” (tanpa tanda petik). Tekan enter.

3. Setelah tombol enter ditekan, maka sistem akan secara otomatis melakukan proses penilaian terhadap kinerja baterai. Dan setelah beberapa lama, sebuah file hasil penilaian pun akan dimunculkan. Lokasi file pun bisa secara langsung diketahui dari Command Prompt.

Dalam file HTML tersebut, kita pun bisa mengetahui beberapa parameter yang bisa dijadikan faktor dalam menilai kinerja baterai pada laptop. Termasuk di antaranya adalah kapasitas baterai. Dalam file ini akan diperlihatkan kapasitas asli dari baterai sekaligus kapasitas baterai efektif pada dalam kondisi saat ini.

Selain itu, laporan ini juga akan memperlihatkan informasi lainnya seperti terkait error yang terjadi serta informasi peringatan terkait pengaturan power pada laptop. Selamat mencoba!

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here