Smartphone saat ini menjadi incaran para konsumen elektronik dunia, tak terkecuali di Indonesia. Smartphone dikatakan sebagai sebuah handphone pintar yang bisa melakukan berbagai hal. Namun, apa Anda tahu perbedaan antara handphone biasa, feature phone dan smartphone?

  • Handphone biasa

Handphone biasa ini adalah handphone yang biasa disebut ‘handphone goblok’. Handphone ini hanya memiliki kemampuan yang sangat sederhana, yakni hanya mengirim SMS dan melakukan panggilan. Handphone jenis ini dikenal memiliki daya tahan baterai yang lama. Selain itu, handphone ini pun dikenal memiliki ketahanan yang bagus.

  • Feature Phone

Feature Phone merupakan transisi antara handphone biasa dengan smartphone. Feature phone biasanya dilengkapi dengan satu fitur yang menjadi keutamaan sebuah handphone. Misalnya handphone dengan kemampuan kamera yang mampu menghasilkan gambar resolusi tinggi atau handphone dengan fitur suara yang menggelegar.

Terkadang feature phone ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi sosial media, seperti Facebook atau Twitter. Dan, berkat kemajuan teknologi, feature phone semakin lama semakin tampak seperti sebuah smartphone. Handphone jenis ini di Indonesia sangat banyak. Biasanya harga yang ditawarkan di bawah 1 juta rupiah.

  • Smartphone

Handphone pintar atau smartphone adalah sebuah handphone yang dilengkapi dengan teknologi tinggi seperti sebuah komputer. Tentunya, harga yang ditawarkan pun lebih tinggi dibandingkan dengan dua jenis handphone sebelumnya.

Biasanya sebuah smartphone dilengkapi dengan sebuah sistem operasi, dari OS Android, OS Windows Phone, OS Windows Mobile dan lain-lain. Selain itu, handphone pintar juga dilengkapi dengan konektivitas lengkap seperti WiFi, 3G atau 4G, prosesor dari single core hingga quad core, kemampuan untuk mengunduh aplikasi, kamera resolusi tinggi serta built in GPS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here