Kalau mendapat pertanyaan mengenai aplikasi Android yang paling banyak digunakan, jawaban yang muncul di kalangan pengguna smartphone mungkin sangat beragam. Namun berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Drawbridge, mengungkapkan hasil yang sangat mengejutkan. Mereka pun mengungkapkan kalau selama tiga bulan terakhir di tahun 2015, aplikasi Android Clean Master merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan.

aplikasi android

Aplikasi Clean Master ini merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja smartphone. Caranya, aplikasi ini digunakan untuk menghapus file cache serta file-file residu yang tersimpan di ponsel. Dengan penghapusan data-data tersebut, beban kinerja ponsel pun bisa terkurangi. Dan tentunya, hal ini juga bisa meningkatkan daya tahan baterai. Sementara itu di posisi kedua adalah aplikasi keamanan CM Security Antivirus.

aplikasi ios

Sementara itu fenomena yang berbeda terjadi pada para pengguna perangkat iOS. Drawbridge mengungkapkan kalau selama tiga bulan terakhir di tahun 2015 terdapat tiga aplikasi yang menjadi aplikasi iOS yang paling banyak digunakan. Pada bulan Oktober, aplikasi tersebut adalah Tango. Sementara di bulan November posisinya diraih oleh iFunny. Dan yang terakhir, di penghujung tahun adalah aplikasi Words with Friends.

Untuk memunculkan data aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone ini, Drawbridge pun menganalisis lebih dari 1 triliun aplikasi. Mereka menggunakan in-app ad request sebagai bahan yang digunakan untuk menganalisis tingkat penggunaan aplikasi tersebut. Dan hasilnya memang sangat jauh berbeda dengan daftar aplikasi populer yang muncul baik di Appstore iOS ataupun Google Play Store.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here