Ini Dia Liva XE dan Liva ZE, Duo Mini PC Fan-Less Seukuran...

Ini Dia Liva XE dan Liva ZE, Duo Mini PC Fan-Less Seukuran Kaleng Soda

Bagi pekerja yang memiliki mobilitas tinggi, selain mengandalkan laptop untuk bekerja, mereka juga mengandalkan Mini PC untuk menangani pekerjaan. Hal tersebut tentu saja karena kepraktisannya, dimana ukurannya yang ringkas memudahkan untuk dibawa kemana saja dan tidak membutuhkan ruang yang besar. Salah satu perusahaan yang fokus membuat Mini PC adalah ECS Elitgroup yang baru saja merilis dua Mini PC miliknya di Indonesia.

Peluncuran Liva XE dan Liva ZE (Kredit: press release/ECS)

Bertempat di hotel Artotel Thamrin Jakarta pada 28 Juli 2017 lalu, perusahaan memperkenalkan dua Mini PC Liva XE dan Liva ZE. Seperti yang diklaim perusahaan dalam siaran pers, Liva XE dan ZE adalah Mini PC seukuran kaleng soda, yang tentu sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Namun tak hanya memiliki ukuran yang kecil, performa yang disuguhkannya juga memadai untuk kebutuhan pekerjaan.

Liva XE & Liva ZE (kredit: press release/ECS)

Liva XE

(kredit: press release/ECS)

Anda bisa menghubungkan Mini PC ini ke monitor dengan VESA Mount, dan tak ketinggalan komputer ini telah dilengkapi dengan modul Wi-Fi/BT 802.11ac. Dapur pacunya mengandalkan prosesor Intel Braswell dan RAM sebesar 2GB dengan penyimpanan internal 32GB/64GB berjenis eMMC. Anda juga dapat menambah kapasitas memori karena sudah ada slot M.2 SSD. Untuk konektivitasnya terdapat port HDMI dan D-SUB untuk menghubungkan ke dua monitor atau bisa juga menggunakan aplikasi remote desktop untuk stream data konten dari LIVA XE.

Liva ZE

Tak kalah dari saudaranya, Mini PC berukuran mungil ini juga memiliki performa yang baik berkat prosesor Intel Apollo Lake dan memori dual Channel. Dengan begitu, komputer ini dapat mengkodekan konten HEVC H.265 atau VP9 untuk menghasilkan video UHD 4K. Untuk konektivitas, Mini PC ini telah dilengkapi dengan port USB Type-C.

Tentu bekerja akan semakin konsentrasi jika suasana ruang kerja hening, dan sebab itulah kedua Mini PC ini didesain fan-less atau tanpa kipas. Komputer kecil ini juga cocok dijadikan sebagai Kios, POS, mesin pencetak struk, penunjuk harga atau pemindai barcode berkat GPIO built-in dan dukungan empat modul ekspansi RS232. Liva ZE juga kompatibel dengan OS Ubuntu 16.04.

NO COMMENTS

Leave a Reply