Bagi sebagian orang, privasi dalam berkomunikasi itu sangat penting. Misal saja, Anda sedang mengetik pesan untuk kerabat Anda, dan teman yang berada di sebelah Anda ingin tahu apa yang sedang Anda ketik, pasti Anda merasa risih. Bahkan ada juga orang yang meminjam smartphone kita namun, hanya untuk melihat galeri pribadi Anda, bahkan membaca riwayat percakapan Anda dengan orang-orang terdekat Anda. Bagaimana jika terdapat obrolan yang sangat penting? Beragam aplikasi sudah Anda pasang pada smartphone Anda, tetapi masih saja ada cara untuk teman Anda mengaksesnya.

Silent Circle dengan Blackphone 2-nya
Silent Circle dengan Blackphone 2-nya

Bila Anda memang membutuhkan sebuah privasi terutama pada smartphone Anda, Anda bisa mencoba menggunakan smartphone satu ini. Ya, namanya Blackphone 2, mungkin sangat asing di telinga kita merek mana yang memproduksi smartphone dengan nama tersebut. Adalah Silent Circle, sebuah perusahaan asal Swiss yang bergerak dalam bidang enkripsi telekomunikasi. Maksud dari enkripsi ini sendiri adalah, bahwa semua informasi atau data tidak dapat langsung dibuka, karena menggunakan serangkaian metode pengamanan yang tidak mudah dibobol.

Mungkin Anda bertanya apa keunggulan dari smartphone yang dibalut warna hitam ini? Tentu jawabannya adalah tingkat privasi yang lebih tinggi pada smartphone mereka, dibanding dengan perangkat smartphone lainnya. Blackphone 2 ini sebenarnya mengusung sistem operasi Android, tetapi telah dimodifikasi sekian rupa dengan nama, SilentOS yang telah ditambahkan aplikasi serta fitur menarik untuk menjaga smartphone Anda dari tangan-tangan jahil.

bp2-2

Fitur pada SilentOS adalah, bahwa semua proses komunikasi Anda baik telepon, pesan teks, dan menjelajahi dunia maya, semua menggunakan koneksi yang telah di enkripsi. Misalnya, Anda dapat melakukan dan menerima panggilan yang dienkripsi untuk menghindari terjadinya sadap. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan yang terenkripsi sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain sebelum membuka enkripsi dari pesan tersebut. Yang menarik lainnya adalah, Anda tidak perlu ragu lagi dalam menjelajahi dunia maya, karena semua koneksi internet menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network), dimana jaringan ini tidak mudah diretas.

Ada yang lebih menarik lagi dari Blackphone 2 ini. Pada versi terbarunya ini, Anda dapat mengatur password untuk masing-masing aplikasi. Jadi Anda dapat mengatur password pada aplikasi yang dirasa penting seperti, pesan, kontak, riwayat telepon, dokumen, galeri, dan lain sebagainya

bp2-0

Bicara masalah spesifikasi, Blackphone 2 ini dibekali dengan prosesor octa-core berkecepatan 1.7GHz dengan dukungan RAM sebesar 3GB. Untuk layar, Blackphone 2 menggunakan layar seluas 5.5 inci yang dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Masalah kamera, smartphone ini ditanami kamera 13MP untuk kamera belakang. Untuk fitur lainnya, terdapat juga slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan, dukungan jaringan 4G LTE, dan dibekali baterai 3.060mAh dengan teknologi Quick Charging.

bp2-3

Beberapa fitur pendukung yang ada di Blackphone 2 adalah:

Spaces

Tampilan antar-muka yang didesain untuk memisahkan fungsi ponsel saat digunakan untuk keperluan pribadi dan pekerjaan. Masing-masing spaces memiliki data yang terpisah sehingga aplikasi dan data pengguna tetap aman. Seperti ponsel virtual, pengguna bisa membuat hingga empat spaces.

Security Center

Pusat keamanan untuk mengatur keamanan dan privasi data pengguna serta memudahkan dalam mengatur izin aplikasi dalam mengakses data dan fungsi pada ponsel.

Silent Circle’s Software

Silent Phone

Aplikasi VOIP yang melindungi panggilan telepon yang dilakukan dengan enkripsi, baik itu ketika menggunakan koneksi data selular maupun WiFi. Kualitas suara yang dihasilkan tetap jernih karena sudah menggunakan teknologi HD. Panggilan kesesama pengguna aplikasi Silent Phone (Android/iOS) tidak dipungut tambahan selain penggunaan data internet.

Built in Secure Messaging

Fitur tambahan dari Silent Phone untuk keperluan pengiriman pesan singkat yang aman dan terenkripsi. Dilengkapi pula dengan fitur Voice Memos, Read Receipts dan kemampuan mengirimkan file yang terenkripsi hingga ukuran 100Mb.

Silent World

Layanan tambahan untuk Silent Phone yang melindungi pengguna saat melakukan atau menerima panggilan dari sambungan telepon apapun. Panggilan keluar dan masuk akan dialihkan ke server Silent Circle yang aman, untuk kemudian dienkripsi.

blackphone-2

Bagi yang tertarik, pada saat penulisan ini Anda sudah bisa melakukan pemesanan dengan sistem Pre-Order di situs resmi mereka, karena smartphone ini akan tersedia pada awal bulan September mendatang. Harga untuk meminang smartphone ini sebesar 629 USD, atau sekitar 8.6 juta Rupiah. Lebih mahal jika dibandingkan dengan smartphone yang beredar dipasaran secara luas dengan spesifikasi yang sama. Namun yang perlu dicatat adalah, bahwa smartphone ini memberikan Anda sebuah kenyamanan dan keamanan dalam berkomunikasi.

Pada bulan Desember 2015, Blackphone 2 pun sudah masuk Indonesia  dan dijual oleh satu e-commerce di Indonesia yaitu Jd.id dan sudah bisa dipesan sejak tanggal 11 Desember.

Harga Blackphone 2 di Indonesia adalah Rp 12.600.000 

Tertarik untuk membelinya?

2 COMMENTS

  1. Kalo dari yg dijelaskan tadi, kayaknya kita bisa buat security sendiri deh dengan android kita, kaya buat tlfn pakai aplikasi call security, buat kunci aplikasi bisa pakai apps lock, buat keamanan browser pakai tor browser atau psiphon, dll. Untuk standar keamanan begitu kayaknya ketinggalan zaman buat meninggikan nilai jual dari prusahaan android tersebut.

    Buat saya itu kurang menjual sm sekali dengan harga selangit serta merek yang maaf yaa, baru kedengeran untuk saya.

    Jika memang sofware itu benar” dapat diandalkan mereka mungkin lebih baik menjual sofware saja daripada buang” modal buat hp yg belum tentu berdaya saing tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here