Nokia yang kini bisnis perangkat mobilenya dimiliki Microsoft dikenal dengan produsen handphone. Namun beberapa bulan lalu, mereka meluncurkan tablet pertamanya yang bernama Lumia 2520. Namun pada kenyataannya, Lumia 2520 bukanlah tablet pertama dari Nokia.

tablet nokia m510_1

Sebuah tablet pertama dari Nokia adalah sebuah perangkat bernama Nokia M510 Web Tablet. Tablet ini dibuat oleh Nokia pada tahun 2001. Bahkan pada saat itu Nokia sudah memproduksi tablet ini sebanyak 100 unit. Namun di detik-detik akhir sebelum peluncurannya, Nokia memutuskan untuk tidak menjual tablet ini.

Seorang mantan pegawai Nokia bernama Esko Yliruusi mengungkapkan keberadaan dari tablet tersebut. Tablet ini didesain dengan memakai software Symbian versi early build yang disebut dengan Epoc. Tablet ini pun mempunyai fitur native email, kalender, noticeboard serta dilengkapi dengan aplikasi Opera.

tablet nokia m510_2

Seperti halnya tablet Android yang ada saat ini, M510 ini juga menggunakan layar sentuh dan dilengkapi stylus. Terdapat pula tombol pada kiri kanannya. Layar ini berukuran 10 inci dengan resolusi 800 x 600 piksel. Baterai tablet ini pun mampu bertahan hingga 4 jam. Ingat, tablet ini dibangun dengan teknologi yang ada saat itu, jangan membandingkannya dengan tablet yang ada sekarang.

Sebagai salah satu orang yang terlibat dalam proyek pembangunan tablet tersebut, Yaliruusi pun mempunyai satu unit tablet yang diberikan oleh pihak perusahaan. Dia pun terus berharap agar tablet tersebut akan diluncurkan oleh Nokia ke pasaran. Namun pada akhirnya harapan tersebut sia-sia dan hasil kerjanya pun tak bisa dijumpai di pasaran.

 via Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here