Jack audio 3.5mm sudah menjadi hal yang umum atau wajib ada pada setiap perangkat yang memiliki fitur multimedia, termasuk smartphone. Adanya jack audio 3.5mm sendiri sangat penting, mengingat tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan earphone untuk sekedar mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon.

Namun belakangan ini beberapa produsen smartphone memilih untuk menghilangkan jack audio 3.5mm, dimana salah satunya adalah Google. Seperti yang dirumorkan sebelumnya, Google digadang-gadang bakal menghilangkan jack audio 3.5mm pada Pixel 2 dan Pixel 2 XL, dan benar saja ketika kedua smartphone tersebut diumumkan tidak hadir dengan jack audio 3.5mm. Langkah ini dimulai oleh Apple ketika meluncurkan duo iPhone 7 dan 7 Plus, yang kemudian disusul oleh produsen lain.

Lalu alasan apa yang membuat mereka menghilangkan standar jack audio 3.5mm pada smartphone flagship milik mereka. Google sendiri menjelaskan pertimbangan perusahaan dalam menghilangkan jack audio 3.5 pada duo smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Menurut Manajer Komunitas Google Pixel, Orrin mengatakan, “Pindahnya port ke audio USB-C dengan Pixel 2 memungkinkan kami untuk menyediakan audio dan pengalaman digital yang lebih baik, serta saat kita bergerak menuju ke masa depan bezel-less.”

Dia juga menunjukkan bahwa jack headphone secara teknis masih ada di smartphone tersebut, meskipun saat ini hadir dalam bentuk USB-C. “The Pixel 2 masih dilengkapi dengan jack headphone tapi kami telah menggantinya ke USB-C, standar yang menjadi standar baru di ponsel dan laptop terbaik saat ini.”

Untuk alasan menyamakan standar port audio baru untuk perangkat di masa mendatang memang masih ada benarnya. Meski saat ini sudah banyak adapter atau dongle untuk menghubungkan jack audio 3,5mm dengan USB port Type-C, namun banyak yang lebih memilih menggunakan earphone wireless agar lebih praktis. Dengan begitu, masuk akal jika Google juga turut memperkenalkan sepasang earbuds wireless saat peluncuran smartphone Pixel terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here