Anda penggemar film serial Star Wars? Jika benar, pastinya Anda sudah tidak asing dengan seorang jedi yang dapat mengendalikan benda di sekitarnya hanya dengan menggerakan tangannya saja. Ya, kini kita bisa mengendalikan benda seperti the Force yang ada di film Star Wars, namun benda yang dapat dikendalikan adalah drone, dan alat perantara untuk mengendalikannya adalah Apple Watch.

(Kredit: YouTube)
(Kredit: YouTube)

Menutip laporkan dari Ubergizmo, Selasa (5/1/2016), Seperti yang kita ketahui, wearable Apple Watch dapat menjalankan beberapa aplikasi, meskipun aplikasi itu tidak berjalan secara penuh seperti di tablet maupun smartphone. Namun siapa yang menyangka, jam tangan pintar kembangan Apple itu dapat mengendalikan drone.

Tim peneliti di Taiwan telah menemukan cara berbeda untuk mengendalikan drone menggunakan perangkat wearable ini. Pengendalian yang dilakukan peneliti Taiwan itu seperti menggunakan Force, yakni kekuatan yang dimiliki Jedi seperti dalam film Star Wars, untuk mengemudikan drone.

(kredit: YouTube)
(kredit: YouTube)

Para peneliti yang tergabung dalam PVD+ menulis sebuah algoritma yang memungkinkan untuk mengemudikan drone dari jarak jauh dengan menggunakan Apple Watch. Mereka telah menghabiskan waktu setidaknya selama 18 bulan, untuk meneliti dan mengembangkan aplikasi. Mereka pun meyakini bahwa algoritma itu dapat diinstal pada perangkat apapun untuk memberikan kemampuan serupa.

Mark Ven, selaku co-founder PVD+ sejak tahun 2013 dan mendemonstrasikan bagaimana dia menggunakan gerakan tangan saat menggunakan Apple Watch untuk mengemudikan Parrot AR Drone 3.0. Sensor yang ada pada smartwatch membaca dan mengikuti gerakan tanggannya dan mengirimkan sinyal tepat ke drone.

(kredit: YouTube)
(kredit: YouTube)

Melalui wawancara dengan Reuters, Ven mengatakan bahwa metode yang sama juga bisa digunakan untuk mengontrol bola, seperti robot BB-8, yakni karakter droid baru pada film Star Wars: The Force Awakens. Selain dapat mendendalikan perangkat yang dapat bergerak, Tim juga memperlihatkan cara ini juga bekerja pada lampu yang bisa dikendalikan menggunakan gerakan tangan dengan menggunakan Apple Watch.

(Kredit: YouTube)
(Kredit: YouTube)

Meski sudah mendemonstrasikan hasil penelitiannya, tim PVD+ belum mengungkapkan rencana peluncuran komersial teknologi ini. Namun, konsep yang dimiliki mereka sudah dapat bekerja dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here