Di dunia ini masih banyak orang yang belum menikmati PC atau belum memiliki akses internet ke komputer pribadi yang lebih terjangkau. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan OS berbayar karena menawarkan fitur yang lengkap. Kini telah hadir OS yang akan memberikan fasilitas bagi mereka yang belum bisa mengakses komputer pribadi maupun pengguna dengan koneksi internet terbatas.

Endless OS

Sistem operasi bernama Endless OS merupakan inisiatif untuk memberikan akses komputer untuk setiap pria, wanita, dan terutama untuk anak-anak. Ini merupakan sistem operasi gratis yang telah dirancang secara eksplisit untuk bekerja dalam kondisi data internet mahal atau data internet terbatas yang sering ada di pasar negara berkembang, di mana broadband super cepat dengan harga terjangkau belum tersedia.

Sistem operasi ini sengaja dibangun untuk memberikan informasi yang berguna dan konten-konten pendidikan dengan atau tanpa koneksi internet. Dengan begitu, pengguna tidak lagi bergantung lagi pada koneksi internet untuk menikmati konten-konten yang bermanfaat. Ini berarti bahwa pengembangan aplikasi perangkat lunak di balik teknologi ini harus melakukan pembaruan perangkat lunak dan menangani kinerja aplikasi dengan cara yang berbeda.

Untuk mengakomodasi kedua layanan, baik online maupun offline, Endless OS dilengkapi dengan 100 aplikasi yang terpasang di sistem yang mencakup kategori kesehatan, pendidikan, bisnis, hiburan, office suite, Wikipedia, kurikulum, game, dan lain-lain. Dengan begitu, meski pengguna berada di pedesaaan yang minim sekali koneksi internet, tetap dapat menikmati konten yang tersedia secara offline.

Apps

Endless OS tersedia dalam dua versi, yakni versi Lite untuk pengguna yang memiliki akses mudah ke internet dan dapat men-download aplikasi serta konten yang mereka inginkan dari Endless OS App centre. Versi ini mendukung bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Perancis, Arab, Cina dan Bahasa Indonesia. Bahasa Bengali, Thai dan Vietnam akan segera ditambahkan.

Sebaliknya, versi lengkap dirancang untuk pengguna dengan sedikit atau tanpa koneksi internet sama sekali. Ia bekerja seperti sistem operasi kebanyakan, tetapi direkayasa untuk beroperasi dalam sistem operasi (OS) itu sendiri dan aplikasi yang berjalan tidak akan sering menerima update baru. Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa mengikuti link berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here