Apple telah merilis sistem operasi terbarunya, iOS 9 pada 16 September kemarin. Pastinya para fans setia Apple sudah berbondong-bondong meng-upgrade iDevice mereka ke iOS 9 yang sudah dinanti-nanti sejak lama. Apple mengkalim bahwa iOS 9 final ini membawa peningkatan performa dan mengoptimalkan  baterai agar dapat bertahan lebih lama.

ios-9-logo1

Namun bagi penggemar Apple yang belum bisa mencicipi iOS 9 karena terkendala sesuatu, pasti bertanya-tanya apa saja fitur baru yang dibawa iOS 9. Nah, jika Anda sudah sangat penasaran dengan fitur-fitur iOS 9 final ini, mari kita ulas fitur-fitur iOS 9 versi final pada artiel ini.

Low Power Mode

Mungkin pertama kali Anda rasakan saat menggunakan iOS 9 adalah, perangkat Anda memiliki daya tahan baterai yang lebih awet dari biasanya, dan Apple juga telah mengklaim bahwa dengan iOS 9 perangkat iPhone atau iPad dapat bertahan 3 jam lebih lama dari biasanya sebelum menggunakan iOS 9.

Low Power

Tak hanya itu saja, agar daya tahan baterai dapat bertahan lebih lama lagi, iOS 9 telah dilengkapi dengan fitur Low Power Mode. Dengan menggunakan fitur ini, perangkat akan dapat bertahan hingga lebih lama lagi, cara kerja fitur ini adalah dengan menutup aplikais-aplikasi yang berjalan dilatar belakang dan mematikan fitur-fitur yang tak digunakan lainnya.

Peringatan untuk mengaktifkan ini akan muncul ketika kapasitas baterai tersisa 20%. Namun Anda juga dapat mengatur kapan mode ini dapat aktif sesuai kebutuhan Anda dengan cara masuk ke Pengaturan > Baterai.

Tombol Back

Nah, yang tak kalah penting adalah, hadirnya tombol back/kembali yang dapat membawa Anda ke halaman aplikasi sebelumnya. Kita ketahui sendiri, perangkat mobile milik Apple hingga saat ini belum ada yang memiliki tombol back secara umum seperti pada halnya di Android.

Back Button

Pada iOS 9 Anda bakal menjumpai tombol back pada sudut kiri atas yang akan membawa Anda melompat ke aplikasi sebelumnya. Semisal Anda baru saja membuka link yang Anda peroleh dari email menggunakan browser, ketika Anda menekan tombol kembali maka akan membawa Anda kembali ke halaman email yang sebelumnya.

QuickType

Dengan hadirnya fitur QuickType pada iOS 9 membuat pengalaman mengetik menggunakan keyboard virtual menjadi lebih menyenangkan. Tak hanya mendapatkan prediksi yang tepat atas apa yang sedang diketik, Anda juga akan mendapat shortcut dan dapat menggunakan fitur gesture sehingga navigasi menjadi lebih mudah.

Super Siri

Siri pada iOS 9 kini hadir lebih proaktif layaknya seperti Google Now yang dapat mengenali kebiasaan penggunanya. Siri sekarang juga memberi informasi terkini serta saran yang lebih luas. Asisten ini dapat mengingatkan Anda ketika Anda lupa melakukan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari. Siri juga dapat menampilkan informasi lalu lintas yang sering dilewati setiap hari.

Siri

Kini Siri juga dapat menangani lebih banyak petanyaan dan permitaan yang lebih luas, dengan Siri yang baru pada iOS 9 membuat Anda serasa memiliki asisten sungguhan.

Split View

Nah, bagi Anda pemilik perangkat iPad yang memiliki RAM 2GB, berbahagialah karena jika Anda menggunakan iOS 9 maka perangkat Anda akan mendukung fitur Split View, dimana perangkat Anda dimungkinkan membuka dua aplikasi secara bersamaan dan tampil secara terpisah. Fitur semacam ini sebelumnya sudah hadir terlebih dahulu pada perangkat tablet milik Samsung.

Split

Kemudian ada juga fitur Slide Over yang mana memungkinkan Anda untuk membuka aplikasi pada sepertiga layar untuk berinteraksi dengan cepat kemudian menutupnya dan kembali ke home screen.

Picture in Picture

Salah satu fitur yang tak kalah menarik adalah fitur Picture in Picture yang mana Anda tetap dapat menonton video atau menggunakan FaceTime ketika membuka aplikasi lain tanpa harus menutup video atau FaceTime. Semisal ketika Anda sedang menonton film di iPad Anda dan tiba-tiba ada notifiasi pesan email masuk, ketika Anda membuka pesan itu, film yang masih diputar tidak akan tertutup tetapi diminimalkan ke kotak kecil. Sehingga Anda tetap dapat melihat film sembari membaca pesan masuk.

PTP

Transit Direction

Pembaruan ini sangat besar, dimana Apple menambahkan arahan angkutan umum pada aplikasi Apple Maps, tidak seperti kebanyakan layanan peta lain yang hanya menampilkan informasi tentang angkutan umum saja. Namun fitur ini masih terdapat di beberapa lokasi saja.

Transport

Aplikasi Note yang baru

Apple memang telah memperbarui semua aplikasinya melalui iOS 9, namun aplikasi terbaru yang layak disorot adalah aplikasi Note. Apple telah merombak aplikasi Note-nya dan kini jika Anda menggunakan iOS 9, maka Anda akan mendapat banyak fitur baru. Kini Anda dapat mengambil foto melalui Note serta memberikan teks, Anda juga dapat menarik sketsa kedalam aplikasi Note, bahkan Anda kini dapat dengan mudah membuat atau merubah daftar ceklis. Dan masih banyak fitur lain yang tak kalah menarik pada aplikasi Note terbaru.

Nah, itulah beberapa fitur baru yang wajib Anda ketahui sebelum mencicipi secara langsung iOS 9. Anda akan mendapati banyak perubahan dan fitur baru yang Anda temukan ketika menggunakan iOS 9. Tunggu apa lagi, segera upgradre perangkat Apple Anda ke iOS 9 dan nikmati fitur-fitur baru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here