Smartphone saat ini tidak hanya didominasi oleh merek-merek ternama saja, namun pendatang baru juga bisa dikatakan memiliki daya saing yang sangat menarik. Terlebih pendatang dari Tiongkok yang seakan tidak pernah habis dalam merilis smartphone terbaru. Begitu juga dengan Asus yang juga tidak mau kalah dengan merek ternama, dengan merilis jajaran smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan para konsumen.

asus-zenfone-max-camera-cover

Seperti salah satunya adalah Asus Zenfone Max yang mana belum lama ini smartphone tersebut meluncur secara resmi di pasar Indonesia. Dengan berbekal kapasitas baterai yang besar, yaitu 5.000mAh, smartphone ini juga disokong dengan kamera belakang yang mumpuni, yakni 13 megapiksel. Menariknya adalah, meski masih menggunakan chipset quad core dari Qualcomm Snapdragon 410, Asus Zenfone Max ini sudah disokong dengan laser autofocus, mirip dengan Zenfone Laser.

Nah kali ini kita bakal menguji, seberapa tangguh dan seberapa cepat kamera dari Asus Zenfone Max ini. Langsung saja simak yang berikut ini.

Pertama kami mencoba mengambil objek foto berupa model kit dari robot Gundam, yang diletakan di sekitar halaman. Dengan pengaturan auto, laser autofocus yang ada pada Asus Zenfone Max ini benar-benar tangguh, mirip dengan Asus Zenfone Laser. Tidak sampai satu detik untuk mengambil fokus, karena cukup sentuh layar terhadap objek foto yang diambil, lalu lensa akan fokus dalam hitungan tidak sampai satu detik!

Kami cukup tercengang dengan kecepatan fokus dari sensor kamera Asus Zenfone Max ini, karena jarang sekali smartphone dengan rentang harga 2jutaan dibekali dengan fitur secanggih ini. Memang nampaknya Asus tidak pilih kasih dalam merilis jajaran smartphone besutannya.

Untuk hasil fotonya sendiri bisa dikatakan tidak terlalu buruk, hanya saja warna yang dihasilkan tidak seperti aslinya bila dilihat secara seksama, meskipun tidak terlalu nampak. Namun detail foto yang dihasilkannya masih bisa diacungi jempol.

Berjalan keluar, kami tertarik sebuah daun yang akan dijadikan objek foto selanjutnya. Dengan bermodalkan sensor kamera dengan bukaan f/2.0, kami mencoba untuk mengambil foto jarak dekat dengan fokus bulir-bulir air yang ada pada daun. Hasilnya tidak mengecewakan, guratan-guratan pada daun terlihat jelas, dengan bulir air yang nampak jelas juga.

Untuk latarnya pun seketika menjadi blur, meski foto yang diambil tidak menggunakan mode depth of field alias dof. Jarak antara objek foto dengan Asus Zenfone Max sendiri berkisar antara 5 cm, meski begitu kesan bokeh masih bisa dihasilkan oleh smartphone ini.

Setelah itu kami mencoba untuk mencari objek foto lain untuk diambil. dan memutuskan untuk mengambil objek foto berupa sebuah sawah yang letaknya lumayan jauh. Dengan kondisi cuaca berawan namun masih disertai dengan terik matahari, foto yang dihasilkan tidaklah mengecewakan. Hanya saja foto yang dihasilkan sedikit gelap, yang dikarenakan faktor lokasi pengambilan foto kami terpapar sinar cahaya matahari langsung.

Masih ditempat yang sama, kami mencoba fitur mode HDR yang ada pada Asus Zenfone Max. Dengan kondisi cuaca dan terik matahari yang sama pula, foto yang dihasilkan lebih terang dibandingkan saat menggunakan mode normal atau auto. Gumpalan awan yang tadinya tidak terlihat, dengan mode HDR ini nampak jelas.

Hanya yang cukup kami sayangkan adalah warna yang dihasilkan jauh terkesan seperti aslinya, justru cenderung lebih muda dan berwarna kebiru-biruan. Kami sudah mencoba dari sisi mana saja pun hasilnya masih tetap sama, tidak ada perubahan yang signifikan.

Sesudah berpanas-panasan kami kembali ke dalam dan mengambil objek foto di dalam ruangan yang tidak terlalu gelap, namun dengan pencahayaan yang mumpuni. Dengan objek foto adalah karakter The Claw dari Toy Story dan Hiro Hamada dari film animasi The Big Hero 6, kualitas foto yang disajikan kami katakan biasa saja.

Dilihat dengan detail, foto yang dihasilkan nampak sedikit noise dengan pengaturan auto. Yang menjadi nilai tambah adalah warna yang dihasilkan hampir mirip dengan aslinya.

Kira-kira itulah hasil foto Asus Zenfone Max yang dibekali dengan sensor kamera 13 megapiksel dengan dual tone flash LED, serta laser autofocus yang siap membidik dengan cepat. Meski dengan rentang harga 2 jutaan, Asus berani memberikan fitur yang tidak sembarangan pada smartphone ini, apalagi dibekali dengan baterai berkapasitas besar, 5.000mAh, pastinya aktifitas fotografi menjadi lebih menyenangkan, tanpa takut kehabisan daya pada baterai.

(ND)

1 COMMENT

  1. gan mau tanya
    di kamera belakang kan ada dua bolongan kanan dan kiri
    yg kiri/jernih itu buat dual led nya
    nah klo yg kanan gelap itu buat apa ya gan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here