Prosesor Intel seri ke-6 baru saja dirilis, dan para produsen motherboard berlomba-lomba untuk menciptakan pijakan untuk prosesor generasi terbaru tersebut. Dengan mengusung soket 1151 dan berchipset Z170 menjadikan semuanya serba baru.

rog
Jajaran Motherboard chipset Z170 seri ROG dari ASUS

Kali ini datang dari merek ternama ASUS yang terkenal dengan produk “Republic of Gamers”-nya. Tidak mau kalah dengan merek lain, ASUS perkenalkan motherboard seri terbarunya yaitu, ASUS Z170 ROG Maximus VIII Extreme, ASUS Z170 ROG Maximus VIII Hero, ASUS Z170 ROG Maximus VIII Gene, dan ASUS Z170 ROG Maximus VIII Ranger. Seri ROG ini rata-rata dibalut dengan board warna hitam dengan perpaduan warna merah untuk menampakkan kesan gahar.

Untuk seri ROG ini diperuntukan bagi kalangan gamer dan entusias yang gemar untuk melakukan overclocking karena pada motherboard seri ROG ini lebih menonjolkan pada kemudahan menggeber performa prosesor dengan beberapa tombol saja yang terdapat pada motherboard ASUS tersebut. Selain itu, motherboard premium dari ASUS ini dilengkapi dengan fitur menarik seperti balutan pembuang panas komponen (thermal armor) yang tampak sangar, Crystal Sound 3 dipadukan dengan jack audio 7.1 yang akan memanjakan telinga, dan dukungan terhadap USB 3.1 baik tipe A maupun tipe C

USB 3.1 speed
Perbandingan kecepatan USB 3.1 dengan pendahulunya (Kredit: PC Perspective)

Tidak ketinggalan juga ASUS telah menyiapkan beberapa varian lain seperti seri pendahulunya untuk chipset Z170 ini yaitu,  ASUS Z170 Deluxe, ASUS Z170 Pro Gaming, ASUS Z170-A, ASUS Z170-K, ASUS Z170-P, ASUS Z170-P D3, dan ASUS Z170-M Plus. Untuk fitur yang disajikan pada varian ini sebenarnya tidak jauh berbeda hanya saja peruntukannya tidak se-ekstrim seri ROG, meskipun varian ini tetap dapat melakukan overclocking manual yang dapat dilakukan melalui BIOS.

kv-main
Seri lain dari ASUS Z170

Untuk ketersediaannya secara global kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat dan ASUS sendiri belum mengeluarkan patokan harga untuk motherboard yang akan dipasarkan nantinya.

Kira-kira berapa ya biaya untuk meminang motherboard terbaru dari ASUS ini?

Via: WCCFtech

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here