Teknik pengolahan containerless (Kredit: University of Tokyo's Institute of Industrial Science)

Jika selama ini kita menganggap bahan kaca merupakan benda yang sangat rapuh dan mudah pecah, stigma tersebut tak lama lagi akan hilang. Karena kini telah dikembangkan sebuah kaca yang sangat kuat dan tidak mudah pecah seperti bahan kaca yang ada saat ini.

Teknik pengolahan containerless (Kredit: University of Tokyo's Institute of Industrial Science)
Teknik pengolahan containerless (Kredit: University of Tokyo’s Institute of Industrial Science)

Para ilmuwan di Jepang tengah mengembangkan jenis kaca baru yang memiliki kekuatan sangat keras, bahkan sekeras baja. Ini merupakan inovasi untuk mengembangkan sebuah kaca yang anti pecah atau menggantikan jenis kaca barang pecah belah seperti gelas atau piring.

“Kami akan membentuk cara untuk memproduksi massal bahan baru secepatnya,” kata Atsunobu Masuno, asisten profesor di University of Tokyo Institute of Industrial Science. Ia juga menambahkan, bahwa tim mereka sedang mencari cara untuk mengkomersilkan teknik dalam waktu lima tahun.

Bahan utama kaca oksida terdiri dari silikon dioksida, dengan kekuatan yang telah ditingkatkan oleh pencampuran dalam alumina, oksida dari aluminium. Namun sulit bagi para ilmuwan untuk membentuk kaca yang mengandung alumina dalam jumlah besar, karena oksida menyebabkan pengkristalan jika kaca dimasukan dan kontak langsung dengan wadah.

Namun mereka mereka telah menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan menggunakan teknik pengolahan containerless.

Seperti yang dilansir dari The Asahi Shimbun, Teknik ini memiliki cara kerja di mana mereka menggunakan gas untuk mendorong komponen kimia ke udara di mana mereka mensintesiskan untuk membentuk kaca. kemudian jadilah kaca yang tidak berwarna alias transparan dan sangat keras, 50 persen bahan pembentuknya adalah alumina.

Menurut para ilmuwan, kaca jenis baru ini memiliki kekuatan yang  lebih keras dari bahan kaca konvesional, bahkan kerasnya hampir setingkat dengan besi dan baja.

(RH)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here