Setelah sukses meluncurkan kartu grafis Radeon Vega Frontier Edition berpendingin udara (air-cooled), baru-baru ini AMD dikabarkan kembali menggelontorkan versi liquid-cooled terbarunya dan bahkan setidaknya ada satu pengecer online (SabrePC) yang sekarang telah mulai memasarkannya meski dalam stok yang terbilang terbatas.

Dengan tidak adanya yang mau bersaing dengan penawaran GPU high-end besutan Nvidia, wajar kiranya kalau para penggemar AMD dikabarkan terus menunggu kehadiran GPU Radeon Vega kelas penggemar tersebut. Meskipun AMD telah meluncurkan Vega Frontier Edition pada tanggal 27 Juni yang lalu dengan banderol harga $ 999 (± 13,3 jutaan rupiah), namun harga yang ditawarkan masih dianggap belum dapat menjangkau kebanyakan gamer saat ini.

Keandalannya dalam menangani kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, membuat berbagai perusahaan besar dan lembaga penelitian banyak berinvestasi pada kedua teknologi baru yang ada, dan tag harga sebesar $ 999 (± 13,3 jutaan rupiah) masih terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga beberapa kartu grafis Tesla kelas enterprise besutan Nvidia.

Sejatinya AMD telah mempertaruhkan reputasinya dengan membanderol kartu grafis terbaru tersebut seharga $ 999 sehingga kenaikan harga sebesar 50% pada keberadaan kartu grafis unggulan terbarunya baru-baru ini dirasa masih wajar karena sebanding dengan upayanya dalam menghadirkan teknologi pendingin canggih yang lebih baik, operasi yang lebih tenang, dan juga kecepatan clock yang lebih tinggi. Kartu grafis AMD terbaru yang didinginkan cairan ini memiliki jumlah core yang sama dengan varian berpendingin udara sebelumnya, namun konsumen tampaknya harus mengeluarkan setidaknya $ 1.490 (± 19,8 jutaan rupiah) untuk itu.

Pada akhir Juni yang lalu bertepatan saat mulai masuknya pesanan GPU Radeon Vega Frontier Edition berpendingin udara sebelumnya, AMD kabarnya pernah mengkonfirmasi kalau kartu grafis versi air-cooled tersebut kemungkinan baru bisa dipasarkan pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini. Namun dalam kenyataannya, kartu grafis unggulan terbaru besutan AMD tersebut justru alih-alih telah lebih dulu dipasarkan secara online melalui situs resmi SabrePC dan Newegg.com pada pekan ini. Baik situs resmi AMD ataupun dua daftar penjualan online yang ada kabarnya tidak mencantumkan frekuensi pengoperasian versi Radeon Vega Frontier yang didinginkan dengan cairan, meskipun memiliki tingkat TDP yang lebih tinggi dari 375W (naik dari 300W untuk kartu berpendingin udara).

Specifications Radeon Vega Frontier Edition Liquid Cooled Radeon Vega Frontier Edition
Brand AMD AMD
Model 100-506062 100-506061
Type Workstation/Desktop Workstation/Desktop
Chipset Manufacturer AMD AMD
Code Name Vega Vega
GPU Radeon Vega Frontier Edition Radeon Vega Frontier Edition
Memory Size 16GB 16GB
Memory Type HBC HBC
Memory Bandwidth 483 GBps 483 GBps
Stream Processors 4,096 4,096
Core Clock TBA 1382MHz
Peak Core Clock TBA 1600MHz
Interface PCI-E 3.0 x16 PCI-E 3.0 x16
Overclocked No No
Single Precision Peak Floating Point 13.1 TFLOPS 13.1 TFLOPS
Double Precision Peak Floating Point 26.2 TFLOPS 26.2 TFLOPS
Low Profile Yes Yes
Cooling Type Liquid Cooled Active Fan
API Support DirectX 12.1, OpenGL 4.5, OpenCL 2.0, Vulkan 1.0 DirectX 12.1, OpenGL 4.5, OpenCL 2.0, Vulkan 1.0
Max Resolution TBA TBA
Outputs 3x DisplayPort 1.4 HBR3/HDR Ready, 1x HDMI 4K60 3x DisplayPort 1.4 HBR3/HDR Ready, 1x HDMI 4K60
Form Factor Dual-slot, full length Dual-slot, full length
TDP 375W 300W

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here