Beberapa minggu yang lalu Asus menggelar acara peluncuran produk terbarunya yang di gelar di Bali. Selain jajaran Asus Zenfone 3 yang diperkenalkan, Asus juga memperenalkan perangkat 2-in-1 Asus Transformer 3 series yang terdiri dari Transformer 3 dan Transformer 3 Pro. Kedua perangkat PC tersebut memang meluncur dengan harga yang terbilang sangat tinggi, namun harga tersebut sebanding dengan segudang kelebihan yang diusung perangkat tersebut.

asus-transformer-3-pro

Kedua perangkat 2-in-1 itu hadir untuk menantang Microsoft Surface Pro 4 dan Apple iPad Pro yang telah hadir terlebih dahulu. Asus kali ini menggunakan komponen yang semuanya bisa dibilang premium. Keduanya hadir dengan dukungan empat aksesoris eksklusif yang bersinergi. Empat aksesoris eksklusif tersebut termasuk Asus Pen, ROG XG Station 2 untuk pengolah grafis tambahan, Asus Audio Pod untuk output audio yang optimal, dan Asus Universal Dock yang menghubungkan semua perangkat Anda.

Asus Transformer 3 Pro

Jika Anda membutuhkan satu perangkat yang dapat menangani semua kebutuhan mobilitas Anda, Asus Transformer lebih dari cukup untuk menemani aktivitas. Ya, karena perangkat ini sangat fleksibel, bisa dijadikan laptop dengan performa tinggi, serta tablet yang memudahkan Anda. Selain itu, hadirnya empat aksesoris eksklusif juga memperlengkap semua kebutuhan Anda.

asus-transformer-3-pro-pen

Desain 

Asus Transformer 3 Pro dibalut cangkang yang terbuat dari bahan alumunium-magnesium yang kuat, namun memiliki ketebalan yang sangat tipis. Tentu tak usah diragukan lagi dari segi desain, selain kuat dan tangguh, tampilan perangkat ini juga terlihat mewah dengan teknik pembuatan “Diamond Cut”. Dengan ketebalan 8.35m dan bobot 790 gram, rasanya perangkat yang ditenagai prosesor Intel Core i7 ini terlihat sempurna.

desain-transformer-3-pro

Menariknya, perangkat ini memiliki kickstand atau sandaran dari bahan metal yang memiliki engsel hingga 155°. Transformer 3 Pro hadir dalam dua pilihan warna elegan, yakni Icicle Gold dan Titanium Gray, ditambah empat pilihan warna modul keyboard yang selaras dengan warna perangkat.

Performa & Hardware

Biacara soal performa, perangkat ini memang belum tertandingi di kelas perangkat 2-in-1. Asus Transformer 3 Pro mengusung prosesor Intel Core i7 6500 yang dipadukan dengan RAM LPDDR3 8GB yang mampu membuat perangkat ini menjalankan program berat sekalipun. Ditambah dengan penyimpanan SSD hingga 512GB membuat performa perangkat semakin tak tertandingi.

Satu hal yang menjadi pertanyaan adalah, apakah perangkat tidak panas mengingat hardware yang digunakan merupakan hardware yang sangat powerfull? Tentu ini merupakan tantangan berat bagi teknisi Asus, namun mereka berhasil menerapkan sistem pendinginan yang canggih.

asus-rog

Menempatkan sistem pendinginan yang canggih dalam perangkat tipis memang sulit, namun ini dapat dilakukan dengan menerapkan sistem pendingin “ruang penguapan”. Asus menggunakan pendinginan cairan yang menggunakan prinsip perubahan fase. Sederhananya, ini lebih mirip keringat yang keluar untuk mendinginkan tubuh manusia secara alami. Selain itu, menggunakan modul kipas 3 mm juga efisien membuang panas tanpa harus menghasilkan getaran atau suara bising.

Baterai

Meski mengusung hardware powerfull, Asus Transformer 3 Pro juga tidak melupakan takdirnya sebagai perangkat 2-in-1 yang dituntut dapat memberikan ketahanan baterai sepanjang hari. Selain performa baterai yang awet, jika saatnya harus mengisi ulang baterai, Anda hanya perlu menunggu 60 menit untuk mengisi baterai hingga kapasitas 60%.

Fitur

asus-transformer-3-pro-windows

Sebagai perangkat premium, Asus Transformer 3 Pro telah mengusung berbagai macam kelebihan, seperti Windows Hello yang dapat membuka kunci atau password perangkat Anda, dengan cara memindai wajah pemilik perangkat yang sebelumnya sudah didaftarkan terlebih dahulu. Windows Cortana with Voice juga menjadi fitur Andalan di perangkat ini, di mana asisten digital akan siap membantu Anda.

Konektivitas

konektivitas

Mungkin bagi Anda yang sering menggunakan perangkat mobile sering kerepotan dengan adapter, konverter, dan dongle, namun Transformer 3 Pro telah mendungkung berbagai macam port yang memudahkan Anda. Perangkat ini memiliki port HDMI standar untuk menghubungkan ke proyektor, ada juga port USB 3.0 standar, port USB-C, dan slot microSD.

Layar & Keyboard

layar-transformer-3-pro

Dengan layar 12,6 ini, Anda akan disuguhkan tampilan menawan, di mana layar ini memiliki resolusi tinggi, yakni mencapai 2880×1920 piksel atau 3K. Selain itu, layar ini juga memiliki sensitivitas yang sangat baik karena telah menggunakan sensor berpresisi tinggi. Layar ini juga dilengkapi fitur Asus TruVivid yang dapat meminimalkan refleksi, sehingga membuat tampilan lebih jelas dan tajam. Asus Splending juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan warna, seperti normal, vivid, eye care atau manual.

Modul keyboard juga terkesan mewah, di mana jarak antara tombol telah disesuaikan agar nyaman saat digunakan. Perpaduan warna gelap dan adanya cahaya latar di setiap tombol juga memperjelas Anda dalam mengetik meski di ruangan yang gelap.

Kamera

Perangkat ini memiliki kamera utama 13MP yang dapat Anda gunakan langsung untuk mengambil gambar. Dengan kamera yang mumpuni Anda tak perlu repot-repot memindahkan gambar dari kamera ke perangkat ini. Kamera depan 5MP juga memungkinkan Anda untuk foto selfie maupun video call.

Aksesoris Eksklusif

asus-pen-rog-xg-station-2

Asus Pen dapat Anda gunakan untuk menggambar sketsa atau hanya untuk sekedar menulis catatan. Stylus ini memiliki 1024 tingkat tekanan sensitif yang dapat mendeteksi setiap nuansa pergerakan jari Anda. Dengan Asus Pen, Anda serasa menggambar di atas kertas.

Perangkat mobile tidak menghalangi Anda untuk menikmati konten HD. Dengan menghubungkan Transformer 3 Pro ke ROG XG Staion 2, Anda akan mendapatkan kualitas grafis setara dengan perangkat desktop yang membuat kualitas grafis meningkat hingga 195%. Menghubungkannya juga mudah, karena hanya melalui Thunderbolt 3. Dengan begitu, Anda juga bisa memainkan game VR beresolusi tinggi.

universal-dock

Universal Dock memberikan pengguna keleluasaan dalam menghubungkan perangkat ini dengan berbagai macam perangkat lain, karena dock ini sudah mendukung USB C 3.1, USB 3.0, HDMI, VGA, RJ45 LAN, dan 3 in 1 SD Card Reader.

asus-audio-pod

Asus Audio Pod dapat meningkatkan kualitas suara berkat empat speaker yang mumpuni. Modul ini dapat dihubungkan melalui konektivitas Bluetooth, yang semakin praktis digunakan.

Asus Transformer 3 

Asus Transformer 3 Pro dan Transformer 3 memang memiliki banyak kesamaan dalam hal fitur, namun tentunya ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Jika Asus Transformer 3 Pro dibekali dengan hardware (Intel Core i7 Skylake) yang terbilang tinggi dan powerfull, Asus Transformer 3 dibekali dengan prosesor Intel Kaby Lake low voltage dan SSD hinga 256GB yang ditujukan untuk penggunanan lebih santai.

desain-transformer-3

Nah, dengan semua kelebihan yang ditawarkan oleh Asus Transformer 3 Pro dan Transformer 3 itu, pantas saja jika perangkat ini menduduki posisi teratas untuk segemen perangkat 2-in-1. Harga kedua perangkat ini terpaut cukup jauh, di mana Asus Transformer 3 Pro dibanderol mulai Rp19 jutaan, sedangkan Transformer 3 dibanderol lebih murah yakni Rp15 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here