Di tengah banyak kalangan menantikan debut armada CPU Threadripper terbaru yang digadang-gadang sebagai salah satu penantang utama processor desktop high-end besutan Intel yang akan datang, CEO AMD Dr. Lisa Su dikabarkan telah mengungkap kemasan ritel processor unggulannya tersebut melalui salah satu postingan di akun Twitternya baru-baru ini.

Dari kemasan ritelnya, AMD tampak memilih sebuah kotak eceran besar yang memiliki motif Eye of Sauron dengan processor Threadripper yang mengintip di balik jendela plastik yang ada. Terkait rumor sebelumnya yang menyebutkan kalau AMD bakal membundling pendingin AIO pada processornya tersebut, tampaknya hal itu tidak terbukti mengingat tidak adanya cukup ruang untuk keberadaan pendingin AIO pada kemasan ecerannya meski ukurannya terlihat agak besar sekalipun.

Perihal harga pasarannya sendiri, AMD kabarnya juga telah mematok processor Threadripper 1950X (16 core/32 thread) dan processor Threadripper 1920X (12 core/24 thread) masing-masing seharga seharga $ 999 dan $ 799. Sebagai salah satu processor AMD high-end unggulan mendatang, kedua model processor Threadripper tersebut memberdayakan soket TR4 4.096-pin yang dipasangkan dengan chipset X399. Alih-alih penggunaan 64 jalur PCIe pada semua model Threadripper-nya, apa yang dilakukan oleh AMD ini konon berlawanan dengan strategi Intel yang menonaktifkan jalur PCIe pada semua model processor kelas bawahnya.

Processor AMD Threadripper 1950X memiliki base frekuensi 3.4GHz dan boost frekuensi 4.0GHz, sedangkan processor AMD Threadripper 1920X memiliki base frekuensi 3.5GHz dan boost frekuensi 4.0GHz. Keberadaan kedua model processor tersebut akan bersaing dengan jajaran CPU Intel X-Series yang baru saja diluncurkan. Meskipun Intel telah meluncurkan Skylake-X, namun processor tersebut dianggap bukanlah sebagai model baru di pasaran. Mengingat processor Intel Core i9-7900X saat ini hadir dengan hanya mengusung 10 core dan 20 thread, tentunya terbuka kesempatan bagi AMD dengan usungan core dan thread yang lebih besar melalui model Threadripper terbarunya untuk memikat pangsa pasar yang ada.

Sementara perihal ketersediaanya sendiri, kedua model processor Threadripper tersebut mulai dipasarkan pada awal bulan Agustus mendatang. Selain itu, AMD kabarnya juga telah mengindikasikan akan merilis lebih banyak informasi terkait produk Threadripper dan Vega unggulan terbarunya melalui ajang SIGGRAPH yang kemungkinan bakal dilangsungkan pekan depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here