Pada ajang IFA 2015 kali ini, Sony memperkenalkan 3 smarpthone flagship terbarunya. Sama seperti kebanyakan vendor lain yang menghadirkan produk barunya dengan inovasi fitur-fitur baru, Sony juga tak kalah menghadirkan sesuatu yang baru pada produknya. Salah satu keunggulan smartphone terbaru dari Sony adalah, hadir dengan kamera 23MP.

cam
Kamera 23MP Xperia Z5 (kredit: pocket-lint)

Kamera ini mungkin adalah kamera dengan tingkat resolusi tertinggi pada smartphone moderen, dan kinerjanya selalu meningkat. Perusahaan asal Jepang ini saat memperkenalkan smartphone terbarunya selalu mengutamakan tentang fitur kameranya, bahkan melebihi aspek lain dari smartphone terbarunya.

Hal ini yang juga menggerakan produsen smartphone lain untuk mengadirkan lensa kamera dari Sony pada perangkat besutan mereka masing-masing. Kita pun juga sering melihat sensor kamera dari Sony muncul pada spesifikasi smartphone lain, karena produsen smartphone lain juga mengakui kualitas sensor kamera dari Sony.

Tentunya sebagai pemimpin smartphone dengan sensor kamera yang baik, Xperia Z5 juga memiliki fitur baru yang tak dimiliki oleh smartphone lain. Berikut beberapa fitur baru yang dihadirkan Sony pada kamera terbaru Xperia Z5.

Sensor baru, fast phase detection AF

Ini dia yang terbaru, Exmor RS sensor untuk ponsel ini berada pada inti kamera 23MP yang tersebar di seluruh 1 / 2.3 bagian pada permukaanya. Salah satu keunggulan yang diklaim Sony dari kamera ini adalah kemampuannya menangkap fokus yang lebih cepat dari smartphone canggih lain, kamera baru ini dapat mengambil fokus 0,03 detik dalam kondisi ideal.

Sony cam Action

Hal itu dapat dilakukan karena menggunakan phase detection system, dan sistem ini pun sudah ada pada smartphone dalam satu tahun ini, Samsung menghadirkan phase detection pada Galaxy Note 5 dan Apple menghadirkannya pada iPhone 6.

Sony pun telah sukses besar dengan kamera Alpha baru-baru ini, yang menjadikan fokus sebagai pekerjaan utama, dengan hal ini teknologi pada kamera Alpha dapat diboyong ke perangkat Xperia.

Tujuannya agar pengalaman pengguna dalam menggunakan kamera dapat menangkap fokus dengan jelas, sehingga Anda tidak akan melewatkan momen aksi Anda, dan Sony mengklaim juga bahwa pengguna dapat menggunakan fokus yang dapat mendeteksi secara lebar, termasuk pada sudut-sudut, jadi keakuratan fokus tidak hanya terjadi di pusat saja.

Fitur deteksi cepat juga bisa digunakan saat merekam video, Anda dapat menggunakan continuous AF dalam video dengan fokus yang lebih cepat. Banyak orang yang mengeluhkan tentang lambatnya pengambilan fokus saat merekam video, namun hal ini tak akan terjadi lagi saat Anda menggunakan Xperia Z5 untuk merekam video.

Digital Zoom

Fitur digital zoom merupakan fitur yang umum dan kebanyakan kamera telah memiliki fitur ini. Namun fitur ini seringkali dianggap buruk oleh pengguna, karena digital zoom hanya memperbesar gambar saja, berbeda dengan lens zoom yang menggunakan lensa untuk mengambil jarak yang lebih dekat. Pada penggunaan digital zoom seringkali terjadi kekacauan pexelated, dimana gambar menjadi pecah-pecah.

camera-get-5x-closer-desktop-mobile-5ac2483f5d32630dc068cb4bb7fccbfb

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat mengatasi masalah itu, salah satunya menggunakan sensor kamera yang lebih tinggi. Kita telah mengetahui sendiri, Nokia dengan kamera PureView-nya dapat menghadirkan pengalaman zoom yang baik dan Sony mengambil pendekatan yang sama.

Xperia Z5 menggunakan Sony Super Resolution Technology yang sering disebut juga sebagai Clear Image Zoom. Yang dilakukan teknologi ini adalah menganalisa gambar dan mencari pola dalam piksel. Dengan menggunakan algoritma, pola-pola itu direplikasikan kedalam piksel lain, sehingga akan didapat banyak piksel yang membuat gambar menjadi lebih tajam dan detail.

Sony mengklaim dapat menghadirkan 5x zoom tanpa mengalami pengurangan kualitas gambar, untuk keluaran yang dihasiilkan dalam resolusi 8MP.

Low light shooting

Mengambil gambar saat kondisi kurang cahaya memang sangat tidak menyenangkan. Ketika kita menggunakan eksposur panjang kamera rawan mengalami guncangan, dan ketika kita meningkatkan ISO itupun juga akan menghadirkan banyak noise dan menurunkan kualitas foto.

lowlight

Dengan kamera terbaru dari keluarga Sony Xperia Z5 hal itu tak akan terjadi lagi, karena Sony mengklaim kamera 23MP terbaru itu akan dapat digunakan dengan baik saat kondisi minim cahaya berkat sejumlah teknologi. Yang pertama,  ada sensor pada 1 / 2.3in yang cukup besar dan f / 2.0 aperture, meskipun cukup umum pada kebanyakan smartphone sekarang ini. Selanjutnya ada automatic scene recognition yang membantu Anda melaui modus Superior Auto di kamera. Ini merupakan modus bawaan untuk mengambil gambar, sehingga Anda tidak perlu susah-sudah untuk mengatur kamera pada keadaan minim cahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here