Kehadiran platform Intel X299 yang sebentar lagi diungkap tampaknya mulai diantisipasi oleh sejumlah besar vendor motherboard terkemuka yang ikut berpartisipasi di ajang pameran tahunan Computex 2017. Hal ini terlihat dengan banyaknya amunisi model motherboard X299 unggulan terbaru yang turut unjuk gigi di berbagai stand pameran tersebut.

Gigabyte X299 Aorus Ultra Gaming 00
Intel rupanya membuat beberapa penambahan di menit-menit terakhir ke jajaran prosesor Skylake-X, dan penambahan baru tersebut tidak akan berhasil dipasarkan sampai akhir tahun ini. Namun, platform X299 ini kabarnya solid dan divalidasi dengan baik. Semua motherboard X299 menampilkan soket LGA2066 dengan mekanisme dual-latching yang sudah dikenal.

Ada salah satu model motherboard terbaru yang menarik perhatian pengunjung yaitu Gigabyte X299 Aorus Ultra Gaming, yang tampak menampilkan delapan slot DIMM yang berinteraksi dengan pengontrol memori quad-channel Skylake-X atau pengontrol memori dual-channel Kaby Lake-X. Meskipun begitu, hanya empat slot DIMM saja yang kabarnya bisa digunakan untuk model Kaby Lake-X. Selain tidak mendukung memori ECC, motherboard X299 terbaru ini menawarkan dua slot PCIe 3.0 x16, slot x8 tunggal, dan dua slot ekspansi PCIe 3.0 x4.

Audio kelas studio dimulai dengan komponen kelas studio dan itulah yang disertakan pada motherboard Gigabyte X299 Aorus Ultra Gaming terbaru. Motherboard AORUS dipasangkan dengan ESS Saber DAC dan controller ALC1220, yang mampu menghasilkan itensitas suara 127dB, yang dapat ditemukan pada peralatan kelas profesional. Pengguna dapat mengalami rentang dinamis yang belum pernah terjadi sebelumnya dan distorsi ultra-rendah yang belum terlihat pada motherboard manapun.

ASMedia 3142 menyediakan USB 3.1 Gen 2 untuk USB Type-C depan dan belakang, sedangkan sebuah USB Type-A tunggal untuk bagian belakang motherboard. Aorus Ultra Gaming mendukung tiga soket M.2 dengan konektivitas PCIe Gen 3 x4. Port M.2 tunggal dibekali dengan kantung pendingin terpadu yang menyatu dengan pendingin panas chipset.

Motherboard ini juga menampung paket RGB Fusion yang mendukung berbagai strip cahaya dan dilengkapi dengan solusi dual-LAN yang didukung oleh Intel GbE dan Killer’s 1535 Wi-Fi. Seluruh jajaran Gigabyte menggunakan sistem pengiriman daya delapan fase.

Sementara perihal harga dan ketersediaan motherboard Gigabyte X299 Aorus Ultra Gaming ini sayangnya belum diungkap sejauh ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here