(Kredit: Dailymail)

Banyak perusahaan terutama e-commerce yang berusaha untuk membuat drone yang dapat mengirimkan barang menjadi kenyataan. Namun untuk mewujudkan hal tersebut banyak rintangan yang mereka hadapi seperti hukum dan peraturan yang berlaku di sebuah negara. Namun di negara bagian Virginia, robot pengirim barang belanjaan tampaknya sudah mendapatkan izin untuk beroperasi.

(Kredit: Dailymail)
(Kredit: Dailymail)

Tentu ini membuat Virginia menjadi negara bagian pertama di AS di mana pengiriman robot akan disahkan. Undang-undang baru ini diharapkan berlaku mulai 1 Juli 2017 dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh gubernur negara bagian pada Jumat lalu. Hal ini dibantu oleh dua anggota parlemen Virginia, yakni Ron Villanueva dan Bill DeSteph yang bekerja dengan Starship Technologies untuk membantu menyusun undang-undang.

(Kredit: Dailymail)
(Kredit: Dailymail)

Agar robot dapat melakukan pengiriman, selama robot tidak melebihi kecepatan di atas 16 kmh dan tidak membawa beban lebih dari 22 kg, mereka akan diizinkan untuk bergerak bebas selama mereka tetap di jalur penyeberangan. Hal ini juga perlu dimonitor dari jarak jauh oleh seseorang untuk mengatasi sesuatu hal yang tidak beres, jadi operasional robot ini tidak sepenuhnya otomatis, tapi ada seseorang yang perlu mengawasi itu.

Robot pengirim barang bukanlah hal yang baru dan seperti drone pengirim barang, mereka telah menjalani serangkaian pengujian, namun kerena sudah direstui untuk beroperasi maka robot-robot tersebut akan segera dapat digunakan oleh perusahaan yang ingin membantu proses pengiriman barang mereka menjadi lebih cepat dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here