Kecepatan internet di dunia semakin bertambah tiap waktunya. Bila dulu kita bisa mencicipi internet menggunakan modem 56kbps, kemudian ada teknologi broadband dan koneksi 3G pada perangkat smartphone. Dan sekarang kita sudah bisa mencicipi kecepatan internet 4G LTE yang memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.

Bagi Anda yang masih merasa belum puas akan kecepatan internet yang sekarang digunakan, mungkin bisa bersabar. Kabarnya dalam waktu dekat ini bakal ada perangkat yang dapat dicicipi oleh konsumen biasa, dengan kecepatan internet hingga 1Gbps. Bahkan kecepatan internet ini menggunakan frekuensi jaringan 4G LTE, dengan nama Gigabit LTE.

ptp-ap

Kita tahu bahwa kecepatan sebanyak itu biasanya hanya terdapat pada kantor-kantor besar atau hanya di tempat tertentu. Namun tidak dalam waktu dekat ini, karena akhirnya kita sebagai konsumen biasa bakal segera mencicipi kecepatan tersebut.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Selasa (18/10/2016), Qualcomm bersama beberapa perusahaan besar lainnya telah menciptakan perangkat yang dapat menghasilkan kecepatan internet super ngebut hingga 1Gbps. Bekerjasama denganĀ Netgear, Ericsson dan operator seluler Australia Telstra, menghasilkan sebuah perangkat berupa mobile hotspot dengan kecepatan tersebut.

telstra-1gbps

Perangkat mobile hotspot tersebut menggunakan berbagai macam teknologi untuk dapat menghasilkan kecepatan hingga 1Gbps.

Untuk saat ini memang belum ada perangkat untuk konsumen biasa yang dapat menghasilkan kecepatan internet hingga 1Gbps, bahkan untuk sekelas smartphone. Namun Qualcomm telahĀ mengumumkan modem terbaru mereka, X16, yang sanggup mencapai kecepatan internet hingga 1Gbps. Yang jelas bukan Snapdragon 821, karena chipset tersebut telah menggunakan modem X12 dengan maksimal kecepatannya. Jadi kemungkinan modem tersebut bakal disandingkan dengan chipset Snapdragon 830.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here