Baru-baru ini Xiaomi menjadi pusat perhatian karena perusahaan China itu baru saja meluncurkan duo flagship terbarunya. Perusahaan meluncurkan dua model sekaligus, yakni Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus yang hadir dengan desain dan spesifikasi cukup berbeda. Sementara Mi 5s ditujukan bagi mereka yang lebih menyukai perangkat yang ringkas, Mi 5s Plus ditujukan untuk mereka yang ingin mendapatkan pengalaman lebih dalam hal hiburan.

Xiaomi Mi 5s dan Mi 5s Plus memang memiliki banyak perbedaan, tak hanya dari desain namun juga termasuk untuk spesifikasi jeroannya. Berikut ringkasan perbedaan antara Mi 5s dan Mi 5s Plus.

Desain

Tentu perbedaan paling mencolok dari kedua smartphone ini adalah pada desain, termasuk untuk dimensi yang berbeda cukup jauh. Mi 5s datang dengan dimensi yang ringkas, yakni 145.6 x 70.3 x 8.25mm dengan bobot 145 gram. Karena dimensinya yang cukup ringkas untuk smartphone Android, Mi 5s memiliki layar seluas 5,2 inci.

mi-5s-mi-5splus
Xiaomi Mi 5s & Mi 5s Plus

Sementara Mi 5s Plus datang dengan dimensi yang lebih bongsor, yakni 154.6mm x 77.9mm dengan bobot 168 gram. Smartphone ini menawarkan layar seluas 5,7 inci untuk memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik untuk hiburan seperti bermain game dan menonton film di layar yang lebih lebar.

Untuk peletakan sensor fingerprint juga berbeda, di mana Mi 5s memiliki sensor fingerprint ultrasonic di bagian depan, tepatnya di bawah kaca layar smartphone ini. Sedangkan Mi 5s Plus memiliki fingerprint di bagian belakang smartphone, tepatnya di bawah kamera utama.

Kamera

Bagian fotografi dari kedua smartphone ini memang menawarkan dua teknologi yang berbeda. Mi 5s datang dengan kamera utama 12MP menggunakan sensor Sony IMX378 1/2.3″, 1.55µm pixel. Dengan menggunakan sensor terbaru. kamera smartphone ini diklaim dapat menghasilkan foto yang mengagumkan. Anda bisa melihat sampel foto smartphone ini pada halaman berikut.

Berbeda dengan Mi 5s yang menggunakan satu lensa kamera, Mi 5s Plus datang dengan setup dual-kamera di bagian belakang. Tentu dengan mengusung setup kamera yang unik ini, smartphone harus dapat menghasilkan hasil foto blur seperti menggunakan DSLR. Untuk kamera depan, keduanya sama-sama mengusung kamera 4MP, f/2.0, 1/3″ sensor size, 2µm pixel size.

Hardware

Sebenarnya untuk sektor ini keduanya tidak begitu jauh berbeda, di mana keduanya sama-sama mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 821 dengan prosesor octa core. Perbedaannya hanyalah pada clockspeed prosesor, di mana Mi 5s memiliki 2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo, sedangkan untuk Mi 5s Plus menggunakan 2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo.

Untuk konfigurasi memori juga sedikit berbeda, di mana Mi 5s terdiri dari varian RAM 3GB + ROM 64GB dan RAM 4GB + ROM 128GB. Sementara untuk Mi 5s Plus memiliki konfigurasi RAM 4GB + ROM 64GB dan RAM 6GB + ROM 128GB.

Baterai

Karena memiliki perbedaan dimensi yang cukup jauh, kedua smartphone ini tentu memiliki perbedaan pada kapasitas baterainya. Mi 5s datang dengan baterai sebesar 3.200mAh, sedangkan Mi 5s Plus datang dengan baterai sebesar 3.800mAh. Keduanya sama-sama berjenis baterai tanam dan sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charge 3.0.

Selain spesifikasi yang telah disebutkan di atas, kedua smartphone ini mengusung spesifikasi yang serupa satu sama lain. Nah, mana model yang cocok bagi Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here