Ajang IFA 2015 memang banyak menyuguhkan produk-produk teknologi terbaru, entah itu smartphone, tablet, atau gadget lain yang sangat menarik karena memiliki keunggulan tersendiri. Namun Apple juga tak kalah menghadirkan sesuatu yang menarik juga, yang terutama ditunggu-tunggu adalah peluncuran ‘the next iPhone’ yang mungkin itu adalah iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, serta tak kalah yang ditunggu-tunggu adalah software terbaru mobile milik Apple, yakni update iOS 9.

iOS 9

Pembaruan yang dibawa iOS 9

Bagi sebagian yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, pasti sudah menginstal iOS 9 versi beta pada iDevice mereka dan menjajali semua fitur-fitur baru pada sistem operasi tersebut. Namun bagi kebanyakan orang lebih memilih untuk mengunggu versi final dari sistem operasi iOS 9, karena kita tahu sendiri, sistem operasi versi beta terkenal masih memiliki banyak bug atau kekurangan dan sangat tidak stabil. Nah, jika Anda penasaran fitur apa saja yang akan hadir di iOS 9, berikut ini patut disimak.

  1. Daya tahan baterai lebih baik – Apple telah menjanjikan peningkatan daya tahan baterai lebih hemat hingga 2 jam, dan tambahan mode Low Power untuk menghemat daya agar dapat bertahan hingga lebih lama lagi.
  2. Split-screen – Akhirnya fitur split-screen kini menyambangi iOS. Memang benar fitur semacam ini hanya terbatas untuk kelas iPad Air 2 keatas yang memiliki prosesor A8X dan RAM 2GB, iPhone dan iPad yang lebih tua juga akan mendapat fitur split screen, dimana dapat menjalankan kedua aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup salah satunya.
  3. Apple Maps Transit directions – Directions/Transit merupakan fitur baru, yang akan memberikan pengguna informasi super akurat pada rute transportasi hingga waktu tempuh, bahkan mengitung letak geografis secara aktual dari tempat Anda berada hingga ke tempat tujuan.
  4. Keyboard touchpad – Menandai teks kini menjadi lebih mudah dengan fitur baru fungsi touchpad pada virtual keyboard, Anda hanya perlu tekan dan tangan menggunakan kedua jari Anda di atas keyboard dan Anda akan dapat menyesuaikan posisi kursor di mana saja pada bidang teks.
  5. Tombol Shift yang lebih baik – Setelah pembaruan visual pada iOS 7, banyak keluhan mengenai bagaimana tombol shift pada virtual keyboard menyala(on / off) yang sulit dibaca, nah sekarang dalam update terbaruya kini pengguna dapat dengan mudah membaca dengan sedikit rombakan pada desainnya.
  6. Optimalisasi ukuran penginstalan aplikasi – iOS 9 akan membedakan kebutuhan sumber daya aplikasi dan akan hanya mengunduh sumber daya aplikasi yang Anda butuhkan saja. Misalnya jika Anda sedang mengunduh Aplikasi baru pada 64-bit di iPad 2 Air, maka sejumlah aset yang berkomputasi 32-bit tidak akan ikut terunduh, karena aset yang tak terpakai itu hanya memenuhi ruang penyimpanan saja, tanpa digunakan.
  7. Pembaruan aplikasi Note – Note akan mendapatkan sejumlah pembaruan yang sangat kita perlukan, nantinya akan hadir dengan fungsi dapat melampirkan gambar, link, membuat daftar ceklis, dan menulis menggunakan stylus.
  8. Pencarian dan perbaikan Siri – Spotlight Search akan membuat pencarian yang lebih dalam, sehingga hasil pencarian dapat diperoleh lebih banyak. Pencarian juga dapat memberi Anda skor dan video berdasarkan kata kunci yang dicari. Sementara Siri akan menjadi asisten digital yang lebih hidup, sehingga Anda dapat berinteraksi secara alami, semisal Anda menanyakan “Siapa presiden Indoneisa? Berapa usianya?”.
  9. Peningkatan Kinerja – Tentu saja Apple akan meningkatan kinerja dari perangkat melalui software terbarunya iOS 9, karena sejatinya pembaruan haruslah memiliki peningkatan, tak terkecuali pada kinerja.

Perangkat apa saja yang akah mendapat update iOS 9?

Daftar perangkat uang mendapat iOS 9 (Kredit: PhoneArena)
Daftar perangkat uang mendapat iOS 9 (Kredit: PhoneArena)

Ini merupakan update software yang paling menonjol dari Apple, lalu perangkat apa saja yang akan mendapat update software terbaru ini? Nampaknya Apple cukup murah hati karena untuk mendapatkan update iOS 9, spesifikasi minimum yang harus dimiliki perangkat adalah prosesor A5 sebagai minimum. Dengan hal ini berarti perangkat yang memiliki usia lebih dari 4 tahun juga bakal mendapat iOS 9, seperti iPhone 4s keatas, iPad 2 dan keatas, iPad Mini keatas juga bakal mendapat iOS 9.

ios-9-iphone-4s-ipad-2

Kapan iOS bakal meluncur?

Jika ditilik dari kebiasaan Apple, perusahaan asal Amerika Serikat ini selalu meluncurkan iOS terbaru sebelum meluncurkan produk iPhone terbaru. Seperti dulu, iOS 7 hadir tanggal 18 September 2013 dan setelah itu iPhone 5s resmi meluncur tanggal 20 di bulan yang sama pula. Sementara tahun 2014 iPhone 6 hadir tanggal 19 September, dan iOS 8 pun hadir pada tanggal 17 di bulan yang sama. Pada tahun 2015 ini, iPhone 6s dikabarkan akan diluncurkan pada tanggal 18 September, hal ini berindikasi iOS 9 akan diluncurkan pada tanggal 16 September, semoga saja hal itu benar terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here