Secara umum, pesawat dapat lepas landas atau take off secara horizontal kemudian dapat terbang secara horizontal juga, dan mendarat pun juga secara horizontal. Hal ini berbeda dengan helikopter yang mampu lepas landas secara vertikal. Sebuah lembaga dari AS, yakni Departemen Pertahanan yang bertanggung jawab untuk pengembangan teknologi untuk militer (DARPA), telah memilih Aurora Flight Sciences untuk membuat pesawat berteknologi baru.

Aurora X-Plane 2

Pesawat tersebut bernama “X-Plane,” merupakan sebuah pesawat tak berawak yang akan lepas landas dan mendarat secara vertikal. DARPA memberikan Aurora kontrak utama untuk tahap kedua pesawat eksperimental dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal atau disebut VTOL X-Plane. Perusahaan sendiri telah mengumumkan proyek tersebut sejak 3 Maret.

Menurut pernyataan dari perusahaan, Aurora sendiri memiliki tim desain bernama LightningStrike, sementara untuk pesawat tak berawak X-Plane dilengkapi dengan mesin 1107c turboshaft Rolls-Royce AE yang akan berkekuatan tiga generator Honeywell.

Aurora X-Plane

Berdasarkan perjanjian tersebut, Aurora akan mengembangkan demonstrator teknologi yang bisa terbang 50 persen lebih cepat dari pesawat VTOL yang pernah ada sebelumnya. Aurora akan melakukan tes penerbangan pertama dari demonstran teknologi sekitar tahun 2018 mendatang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here