Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (Kredit: GSM Arena)

Setelah berbulan-bulan lamanya, smartphone flagship milik Samsung, yakni Galaxy S7 dan S7 Edge akhirnya resmi diperkenalkan oleh perusahaan. Memanfaatkan panggung MWC 2016, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge sukses menarik perhatian pengunjung dan para media internasional pada acara peluncuran suksesor Galaxy S6 itu.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (Kredit: GSM Arena)
Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (Kredit: GSM Arena)

Lalu, seperti apa sih Samsung Galaxy S7 reguler dan S7 Edge? Sama seperti pendahulunya, kedua smartphone tersebut memiliki perbedaan yang paling terasa adalah di sisi desain. Samsung Galaxy S7 masih mengusung layar lengkung yang sama seperti pendahulunya, sedangkan Galaxy S7 reguler memiliki layar datar sama seperti Galaxy S6 reguler.

Namun tak hanya dari segi desain saja yang berbedar, kedua smartphone teranyar dari Samsung ini juga punya ukuran layar yang berbeda, di mana Galaxy S7 Edge memiliki ukuran layar yang lebih luas ketimbang saudaranya. Selain itu, kapasitas baterai pada Galaxy S7 Edge juga lebih besar ketimbang Galaxy S7 reguler.

S7-edge_S7_gold_black

Untuk bahan yang digunakan juga masih sama dengan Galaxy S6, yakni metal premium, namun jika diamati lebih detail, Galaxy S7 dan S7 Edge memiliki bentuk yang lebih tipis, ringan, serta lebih ergonomis. Dengan desain yang lebih ergonomis, tentu meski memiliki ukuran yang terbilang besar, namun masih tetap nyaman digunakan meski dengan satu tangan.

Samsung Galaxy S7 reguler memiliki layar datar seluas 5,1 inci, sementara Galaxy S7 Edge memiliki layar seluas 5,5 inci dengan sisi kanan kiri yang melengkung, sehingga nampak seperti tidak memiliki bezel. Ada pula berbedaan yang terasa dari sisi baterainya, di mana Galaxy S7 Edge punya batarai sebesar 3.600mAh sedangkan untuk versi reguler hanya memiliki bataterai 3.000mAh saja.

Galaxy S7 dan S7 Edge

Selain perbedaan yang sudah disebutkan, nampaknya tak ada perbedaan lagi antara Galaxy S7 reguler dengan Galaxy S7 Edge. Untuk hal spesifikasi keduanya tak memiliki perbedaan, yakni resolusi layar yang dimiliki sama-sama Quad HD (2.560 X 1.440 pixel).

Untuk sektor dapur pacu, Samsung bakal menyediakan dua varian yang berbeda, yakni dengan chipset buatan mereka sendiri, Exynos 8890 (octa core 2,3 GHz +1,6 GHz) dan Qualcomm Snapdragon 820 (2,15 GHz + 1,6 Ghz). Di setiap wilayah, Samsung menyediakan opsi chipset yang berbeda-beda, tergantung di mana perangkat tersebut dipasarkan.

Namun meski punya dua chipset yang berbeda, Samsung bakal membekali smartphone flagship-nya itu dengan RAM sebesar 4GB. Sedangkan untuk media penyimpanan, Samsung menyediakan ruang 32GB dan 64GB. Selain itu, ada yang menarik pada Galaxy S7, yakni kembalinya slot micro SD yang sempat absen pada smartphone pendahulunya. Letak slot ini berada di bagian atas, bersamaan dengan slot kartu nano SIM.

SIM tray Galaxy S7

Menariknya, slot micro SD kali ini memiliki fungsi hybrid, di mana jika Anda tidak ingin menggunakan micro SD dapat Anda gunakan untuk meletakan SIM kedua dengan ukuran nano SIM. Karena memiliki spesifikasi super tinggi, tentu performa dari smartphone ini sudah tidak diragukan, terlebih untuk memainkan game kelas berat.

Menariknya, Samsung telah menyematkan teknologi heat pipe atau liquid cooling untuk meredam overheat, yang belakangan ini sering terdengar isu overheat pada smartphone papan atas. Ada pula fitur Always On, di mana layar tetap menampilkan informasi penting, meski smartphone sedang tidak dinyalakan. Smartphone ini juga telah mengantongi sertifikat IP68 di mana smartphone kedap air, dan tidak masalah jika berada di dalam air dalam jangka waktu tertentu.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (Kredit: GSM Arena)
Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (Kredit: GSM Arena)

Ada yang menarik dari Galaxy S7 ini, jika kebanyakan produsen meningkatkan kemampuan kamera yang dibarengi dengan resolusi yang kian besar, namun berbeda dengan Galaxy S7. Ya, smartphone ini memiliki kamera utama 12MP yang sebelumnya 16MP pada Galaxy S6.  Namun jangan salah, meski angka resolusi menurun, namun Samsung telah menyematkan teknologi dual pixel, di mana gambar akan tetap dapat memiliki resolusi tinggi. Selain itu, ada pula aperture f/1.7 yang diklaim sangat handal menangkap gambar di kondisi minim cahaya.

Smartphone flagship ini akan mulai dipasarkan mulai tanggal 11 Maret mendatang, dengan sistem  pre-order dan pelanggan akan mendapatkan headset virtual reality (VR) secara gratis pada saat masa pre-order.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here