(Kredi: Phonearena)

Apakah Anda tertarik dengan Project Ara milik Google? Sepertinya era smartphone masa depan akan cenderung beralih ke konsep smartphone modular. Karena selain Google, kini banyak perushaan lain yang gencar menggarap smartphone modular atau smartphone yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Salah satu perusahaan yang mengembangkan smartphone modula adalah ShiftPhones.

(Kredi: Phonearena)
(Kredi: Phonearena)

Memang nama brand masih sangat jarang didengar, atau mungkin Anda masih baru pertama kalinya mengetahui nama brand ini. Perusahaan asal Jerman ini mengembangakan sebuah smartphone modular yang dapat menjalankan Android maupun Windows 10. Smartphone modular tersebut bernama Shift5 + dan sang manufaktur juga mengatakan bahwa smartphone modular tersebut sudah dapat dipesan pada bulan Desember mendatang. Sedangkan untuk harganya, mereka mematok harga 342 USD atau sekitar 4,6 juta Rupiah.

Jika dilihat dari struktur tubuhnya, Shift5 + tidak terlihat seperti ponsel Ara yang mudah disesuaikan, namun perusahaan megatakan bahwa pengguna dapat menyesuaikan bagian penting seperti layar, baterai, dan komponen utama lainnya.

SHIFT5-colors7-cut

Sedangkan untuk spesifikasinya, smartphone ini datang dengan layar seluas 5 inci berjenis IPS. Untuk sektor dapur pacu akan disokong oleh chipset dari Qualcomm yang dipadukan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB. Untuk sektor fotografi, smartphone modular ini dibekali dengan kamera utama berkekuatan 13MP dan kamera depan seluas 5MP. Selain itu, smartphone ini dibekali juga dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Menariknya, smartphone ini dapat menjalankan sistem operasi Android dan Windows 10 dengan baik, namun Anda tidak bisa mendapatkan keduanya dalam satu perangkat. Konsep yang digunakan smartphone ini bulan konsep dual boot, yang mana pengguna dapat memilih ingin menajalankan OS yang mana ketika boot up, melainkan Anda harus memilih salah satu dari kedua sistem oprasi tersebut ketika melakukan pemesanan.

Sedangkan untuk ketersediannya, perusahan mengatakan bahawa Shift5 + setidaknya akan mulai dikirim kepada pemesan sebelum kuartal ketiga tahun 2016. Tertarik dengan smartphone modular ini ?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here