Setelah benchmarks pertama untuk Core i7-8705G dan Core i7-8809G bocor secara online, baru-baru ini kembali muncul rumor baru yang tak kalah mengejutkan lainnya terkait sosok keluarga prosesor Kaby Lake-G yang akan datang, yang menggabungkan grafis Radeon dalam modul multi-chip (MCM).

Rumor bocoran foto sosok MCM Kaby Lake-G ini disinyalir muncul sebagai buntut dari kabar jalinan kerjasama antara dua raksasa teknologi chip terkemuka Intel dan AMD yang terus menghiasi pemberitaan selama sepekan terakhir ini. Seperti yang terlihat pada bocoran, MCM hasil kemitraan anatar Intel dan AMD ini tampak benar-benar hebat jika dibandingkan dengan kebanyakan prosesor modern saat ini, disamping sepertinya sudah melalui pengujian perdananya.

Dari segi ukurannya, bagaimanapun, MCM tersebut tidak hanya mencakup prosesor Kaby Lake, namun tentunya juga memori Radeon GPU dan HBM2. Ketiga komponen ini dapat terhubung satu sama lain berkat apa yang Intel sebut dengan Embedded Multi-Die Interconnect Bridge (EMIB). Jembatan ini memungkinkan data mentransfer antara komponen yang diatur berdekatan pada kecepatan yang super cepat.

Terlebih keberadaan MCM sendiri dapat memungkinkan ketinggian Z yang jauh lebih rendah dibanding sebelumnya, sehingga membuat kalangan OEM dapat memproduksi berbagai produk notebook dengan model desain lebih tipis di masa yang akan datang. Sementara Intel juga berencana bakal mulai memasarkan produk pertamanya yang didasarkan pada dukungan MCM Kaby Lake-G ini pada tahun 2018 mendatang.

Ini jelas merupakan waktu yang “menarik” di industri perangkat keras, terutama berkaitan dengan reputasi AMD dan Intel. Beberapa hari setelah Kaby Lake-G diumumkan, baru-baru ini telah terungkap kalau pimpinan Grup Teknologi Radeon Raja Koduri mengubah cuti panjangnya selama dua bulan dari AMD menjadi istirahat selamanya untuk pindah bekerja pada saingannya yaitu Intel.

Raja Koduri sendiri kabarnya akan memimpin Core dan Visual Computing Group yang baru dibentuk Intel, di mana dia akan ditugaskan untuk membantu menciptakan solusi grafis diskrit high-end.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here