Sony Xperia Z5 Compact (Kredit: Phone Arena)

Ajang IFA 2015 memang sebuah perhelatan akbar yang selalu menghadirkan produk-produk teknologi terbaru dari merek-merek besar dunia. Tak terkecuali Sony, perusahaan asal Jepang ini menghadirkan tiga smartphone Xepria, yakni Xperia Z5, Xperia Z5 Premium, dan Z5 Compact. Kali ini kita akan sedikit mengulas tentang Xperia Z5 Compact yang mana merupakan versi terkecil dari jajaran Xperia Z5.

Sony Xperia Z5 Compact (Kredit: Phone Arena)
Sony Xperia Z5 Compact (Kredit: Phone Arena)

Dari sisi desain, ponsel ini nampaknya tidak membawa pembaruan dari segi desain, bentuk ponsel ini masih sama dengan ponsel Xperia Z sebelumnya. Ponsel ini memiliki layar IPS seluas 4,6 inci dengan resolusi HD 720×1280 piksel (~323 ppi pixel density) yang mampu mengenali 10 sentuhan jari sekaligus. Dimensi Xperia Z5 Compact adalah 127 x 65 x 8.9 mm dengan bobot 138 gram. Xperia Z5 Compact ini juga telah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang terletak di tombol power/lock.

Mungkin dalam sisi tampilan dan desain Sony tak membawa perubahan yang berarti, untuk menebus itu Sony menghadirkan jeroan yang mumpuni untuk ponsel satu ini. Xperia Z5 Compact telah dibekali dengan SoC Snapdragon 810 yang memiliki prosesor octa core 64 bit yang terdiri dari Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57. Untuk pengolah grafisnya telah dilengkapi GPU Adreno 430 serta kapasitas RAM sebesar 3GB. Tentu ponsel ini akan menyasar segmen pasar high-end dengan spek yang diusungnya. Sementara untuk ruang penyimpanan internal terdapat memori berkapasitas 32GB yang masih dapat diperluas menggunakan micro SD hingga kapasitas 200GB.

Yang tak kalah menarik adalah segi fotografinya, Sony memang dikenal dengan smartphone-nya yang memiliki kualitas fotografi yang baik. Pada Xperia Z5 Compact ini, Sony telah membenamkan kamera utama berkekuatan 23MP AF yang dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan untuk kamera depannya, terdapat sebuah kamera beresolusi 5MP untuk sekedar selfie atau video call.

Xperia Z5 Compact telah menjalankan sistem operasi Android Lollipop dan memiliki kapasitas baterai sebesar 2700mAh. Sama seperti saudara yang lain, ponsel ini juga telah memilki sertifikat IP68 yang membuat ponsel ini tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, serta tahan terhadap debu. Xperia Z5 Compact hadir dalam empat pilihan warna, yakni hitam, putih, kuning, dan corral. Kabarnya ponsel ini akan mulai dirilis pada bulan Oktober mendatang sedangkan untuk harganya sendiri belum diketahui hingga artikel ini ditulis. Kita nantikan saja kehadiran ponsel ini dipasaran bulan depan.

Baca Juga: Sony Xperia Z5 Premium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here