Semakin banyaknya merek-merek baru dalam meramaikan pasar smartphone Android, tidak membuat Sony surut dalam menciptakan produk barunya. Smartphone yang terkenal dengan seri Xperia ini selalu menghadirkan fitur-fitur baru pada smartphone mereka.

Kali ini, Sony memperkenalkan produk mereka melalui smartphone Xperia Z5 Premium. Smartphone ini ditujukan untuk kelas atas alias high-end. Pasalnya, smartphone ini telah ditanami layar seluas 5.5 inci dengan resolusi tinggi, yaitu 4K (3840×2160) yang juga menjadi smartphone pertama di dunia dengan resolusi sebesar itu. Dengan resolusi sebesar itu, otomatis tampilan yang disajikan oleh Sony Xperia Z5 Premium ini sangat jelas, jernih, dan nyaman dilihat karena juga didukung dengan tingkat kerapatan yang tinggi, 806 ppi.

z5premium

Kamera pada Sony Xperia Z5 Premium ini juga tidak bisa dianggap remeh, karena telah menggunakan sensor dari Sony sendiri, yaitu Sony Exmor RS™ dengan resolusi sebesar 23MP, dan tidak ketinggalan juga telah dibenamkan lensa wide, G Lens 24mm dari Sony. Fitur menarik pada kamera belakang ini adalah, hanya butuh waktu 0.03 detik untuk autofocus. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur sharper zoom, yaitu fitur dimana saat melakukan zoom, gambar yang dihasilkan tidak akan berkurang kualitasnya. Sony juga menanamkan fitur SteadyShot™ yang digunakan pada camcorder mereka, dan dukungan merekam video hingga resolusi 4K tentunya.

z5premium-0

Bicara kamera depan, Sony Xperia Z5 Premium ini ditanami kamera sebesar 5MP dengan sensor Sony Exmor R™ dan menggunakan lensa wide ukuran 25mm. Kamera depan ini dapat merekam hingga resolusi Full HD dengan bantuan fitur SteadyShot™.

z5premium-2

Menelusuri komponen pada Sony Xperia Z5 Premium, prosesor yang digunakan pada smartphone ini masih menggunakan SoC berarsitektur 64 bit dari Qualcomm, Snapdragon 810 octa core dual cluster dengan chip Cortex-A53 quad core yang bekecepatan 1.5 GHz dan chip Cortex-A57 quad core dengan clock speed 2 GHz. Pengolah grafis atau GPU Adreno 430 turut melekat pada smartphone ini.

Sony Xperia Z5 Premium juga ditanami RAM sebesar 3GB dengan kapasitas penyimpanan internal sebanyak 32GB, dan dapat ditambah dengan adanya slot micro SD hingga 200GB. Untuk konektivitas, Sony Xperia Z5 Premium ini dilengkapi aGPS, Bluetooth 4.1, DLNA , WiFi MIMO, MHL 3.0, dan NFC. Smartphone ini juga telah mendukung jaringan 4G LTE.

z5premium-1

Tidak hanya itu, Sony Xperia Z5 Premium ini telah ditanami sensor pemindai sidik jari, sehingga dapat menggunakan sidik jari sebagai pengamanan smarpthone ini. Sony menjanjikan daya tahan Sony Xperia Z5 Premium ini dapat bertahan hingga 2 hari meskipun baterai yang dipasang berkapasitas 3430 mAh. Smarpthone dengan berat 180 gram ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP65 dan IP68 yang mana Sony Xperia Z5 Premium ini anti debu dan anti air hingga kedalaman 1.5 meter atau selama 30 menit.

https://www.youtube.com/watch?v=8AsihR-MCig

Untuk ketersediannya, kabarnya Sony Xperia Z5 Premium ini akan hadir pada bulan November mendatang. Kisaran harganya pun masih belum diketahui hingga saat artikel ini ditulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here