Google telah meluncurkan brand smartphone baru yang menggantikan posisi Nexus sebagai ponsel flagship dari Google, yakni Pixel dan Pixel XL. Hadirnya kedua smartphone baru tersebut membawa OS terbaru Android 7.0 Nougat dan juga fitur terbaru, yakni Google Assistant. Hadirnya fitur baru ini membuat banyak yang bertanya-tanya seperti apa fiturnya dan apakah itu lebih baik ketimbang layanan saingannya sejak dulu, yakni Siri pada iOS.

google-assistant-vs-siri

Untungnya YouTuber bernama Marques Brownlee telah memutuskan untuk menjawab pertanyaan bagi kita semua dalam sebuah video perbandingan antara Google Assitant vs. Siri. Dalam video di bawah ini, Brownlee membandingkan Google Asisstant terhadap Siri dalam pertempuran head-to-head di mana pertanyaan yang sama dilontarkan untuk kedua platform secara bersamaan.

Perbandingan ini dilakukan dengan cara yang sederhana, yakni meluncurkan aplikasi, pengaturan pengingat (reminder), melakukan perhitungan dasar dan untuk kali ini tampaknya Siri berada di posisi terdepan. Namun ketika memasuki pertanyaan yang lebih kompleks, Google Assistent tampil lebih unggul dibanding pesaingnya.

Misalnya untuk menyebutkan siapa Presiden Amerika Serikat, dimana Siri harus mencarinya secara online, sedangkan Google Asisten mampu menyebut nama Barack Obama seketika itu. Ketika ditanya seberapa tinggi Presiden AS, Siri mengasumsikan sebagai permintaan baru dan terpisah, sementara Google Asisstant cukup cerdas untuk mengetahui itu adalah pertanyaan tindak lanjut dari permintaan sebelumnya, sehingga membuatnya lebih seperti percakapan.

Namun ketika ditanya langsung dan dalam pertanyan secara khusus seperti berapa tinggi Barack Obama, Siri mampu menjawab pertanyaan tersebut bersama dengan Google Assistant.

Ada beberapa saat di mana Siri tampaknya lebih unggul dengan menawarkan lebih banyak informasi bersama dengan jawabannya jika Anda ingin lebih mendalami ke dalam subjek. Hasil memang bervariasi dan sulit menentukan mana yang lebih baik dari kedua asisten digital ini. Namun dalam hal ini Google Asisstant memiliki percakapan yang lebih natural ketimbang Siri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here