(kredit: The Verge)

Saat ini Instagram memiliki fitur untuk berkirim pesan atau konten kepada pengguna lain atau group. Namun baru-baru ini Instagram dikabarkan tengah menguji aplikasi baru bernama Direct yang pada dasarnya adalah fitur DM yang ada di Instagram, dan dijadikan aplikasi terpisah. Lagi-lagi, langkah Instagram kali ini terlihat meniru Snapchat.

(kredit: The Verge)

Aplikasi Direct sendiri saat ini tersedia secara terbatas untuk beberapa negara termasukĀ Chile, Israel, Italia, Portugal, Turki, dan Uruguay. Aplikasi tersebut juga tersedia untuk dua platform, yakni Android dan iOS. Sayangnya, belum diketahui kapan aplikasi Direct akan tersedia secara umum untuk semua pengguna Instagram, dengan catatan jika perusahaan benar-benar mewujudkan rencana tersebut.

Masih mirip dengan aplikasi Snapchat, aplikasi Direct akan membuka tampilan antarmuka kamera, dimana Anda bisa langsung memotret atau merekam video yang kemudian siap dikirimkan kepada seseorang. Navigasi pada aplikasi ini juga sangat mudah, dimana Anda hanya perlu swipe ke kiri untuk membuka kotak masuk atau swipe ke kanan untuk masuk ke pengaturan aplikasi.

(kredit: The Verge)

Ternyata jika Anda terus menggesek kiri dari kotak masuk, Anda melihat logo Instagram dan kemudian akan dialihkan ke aplikasi Instagram. Demikian pula, jika Anda menggesek ke arah kanan di aplikasiĀ  utama Instagram, maka Anda akan dialihkan ke aplikasi Direct. Tampaknya, meski kedua aplikasi tersebut terpisah, namun serasa masih menjadi satu.

Sementara fitur Story sendiri tampaknya tidak akan dipindahkan ke aplikasi Direct, setidaknya kita bisa melihat dari bocoran screenshot di atas. Langkah ini tentu pernah dilakukan oleh Facebook, yang memisahkan Messenger dari aplikasi Facebook utama. Alasannya tentu agar membuat mereka semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here