Setelah dicaplok oleh raksasa sosial media Facebook, aplikasi Instagram memang sering sekali “berdandan”. Hal ini agar membuat pengguna betah dan tidak cepat bosan dalam menggunakan Instagram. Banyak fitur-fitur baru yang ditambahkan, namun tak jarang Instagram juga menyingkirkan fitur yang telah lama eksis di aplikasi. Salah satunya adalah fitur Photo Maps.

instagram-photo-map

Hal ini cukup ironis, karena Photo Maps sendiri selama ini menjadi fitur terbaik yang dimiliki Instagram selain filter-filter foto yang keren. Namun banyak pengguna yang tidak menyadari adanya fitur ini, karena kurangnya sosialisasi dan promosi pada fitur Photo Maps, sehingga kurang menarik perhatian para pengguna.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat semua foto yang dibagikan oleh seseorang di berbagai lokasi di seluruh dunia. Foto pada lokasi tertentu akan ditampilkan dalam thumbnail pada map. Fungsi ini untuk memudahkan melihat foto dari lokasi tertentu, seperti ketika hendak berkunjung ke suatu tempat lebih baik melihat foto-fotonya terlebih dahulu.

Namun karena fitur ini sering kali diabaikan oleh para pengguna, akhirnya Instagram tidak lagi mempertahankan fitur ini dan lebih memilih untuk menyingkirkannya. Beberapa pengguna yang sering menggunakan fitur ini akan mulai menyadari hilangnya fitur tersebut di aplikasi Instagram. Fitur ini telah hilang sejak pekan lalu, namun beberapa pengguna masih bisa melihat Photo Map mereka, dan dalam waktu dekat Instagram juga akan segera menghapusnya.

“Photo Map tidak digunakan banyak orang. Jadi kami memutuskan untuk menghapus fitur tersebut dan fokus pada prioritas lain,” kata Instagram.

Namun mereka tidak menyebutkan alasan lebih detail mengapa perusahaan menghapus fitur tersebut. Hal ini diduga karena mereka tengah fokus pada fitur baru yang dihadirkan, yakni fitur Stories yang belum lama ini dirilis.

Hadirnya fitur Instagram Stories sendiri diklaim karena semakin panasnya persaingan antara Instagram dengan Snapchat. Meski banyak yang mengatakan jika fitur ini meniru fitur yang dimiliki oleh Snapchat nyatanya pengguna justru malah menyukai fitur baru ini. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengguna fitur yang semakin bertambah, Instagram sendiri akan terus menghadirkan fitur-fitur baru untuk menarik lebih banyak pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here