Ketika berbicara efek fotografi apa yang tengah menjadi trend, tentu efek potrait mode saat ini tengah digandrungi terutama untuk smartphone. Bagi kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless tidak menjadi hal sulit untuk menghasilkan efek blur pada background, namun untuk smartphone tentu perlu bantuan rekayasa software untuk menghasilkan efek tersebut. Fitur ini juga yang menjadi nilai jual utama smartphone yang memiliki setup dual-kamera, bahkan Google Pixel yang tidak memiliki dual-kamera juga menawarkan fitur serupa dengan bantuan AI untuk membuat efek bokeh buatan.

Sebagai sosial media yang sangat mengandalkan kamera, Instagram juga tidak ingin ketinggalan untuk menghadirkan efek bokeh. Baru-baru ini perusahaan meluncurkan potrait mode baru yang hadir sebagai bagian dari tampilan kamera Story. Mode baru ini disebut sebagai “Focus” dan ditempatkan di samping “Superzoom”. Nantinya, kamera akan mendeteksi wajah Anda, kemudian latar belakang akan diberi efek blur untuk menciptakan efek “potrait mode”.

Meski ini adalah efek yang menarik, namun sayangnya fitur tersebut tidak dapat bekerja di semua perangkat. Sejauh ini, fitur Focus hanya bekerja pada iPhone SE, iPhone 6S, 6S Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, dan iPhone X. Instagram juga mengatakan jika fitur tersebut dapat bekerja di perangkat Android, namun tidak menyebutkan daftar perangkat yang didukung. Tampaknya, fitur Focus akan bekerja pada perangkat flagship seperti Samsung Galaxy S9+ dan Google Pixel 2.

Namun tidak menutup kemungkinan perangkat Android lain yang tidak disebutkan di atas mendapatkan dukungan fitur Focus. Jadi, jangan lewatkan update terbaru aplikasi Instagram pada perangkat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here