Roadmap Intel terbaru telah mengungkapkan perkiraan waktu kedatangan atau yang dikenal dengan ETA (estimated times of arrival) untuk hampir semua chip dan SoC berorientasi konsumen yang akan hadir di tahun 2014 ini.

Intel-Haswell-dan-Quark-X1000-SoC-akan-hadir-April-mendatang

Berdasarkan timeline yang ada, setelah processor mobile Merrifield dan Bay Trail-M, barulah bagi Intel untuk segera menghadirkan model Haswell generasi berikutnya.

Dan jika bercermin dari keberadaan rumor sebelumnya, peluncuran yang akan dilakukan pada bulan April mendatang tampaknya adalah memang benar adanya.

Dengan demikian, setidaknya ada sekitar 20 CPU yang akan dihadirkan pada dua bulan dari sekarang, atau dengan kata lain bertepatan dengan bakal digulirkannya SoC Quark X1000. Sedangkan perihal keberadaan motherboard Intel Series 9 sendiri kabarnya baru akan melakukan debutnya sekitar bulan Mei mendatang.

Meskipun tak satu pun dari chip Haswell yang akan dirilis bulan April mendatang akan mendukung DDR4, tapi untuk dukungan itu sendiri sejatinya baru akan ada pada bulan Agustus mendatang ketika jajaran upgrade-an desktop Haswell dan chipset X99 digulirkan.