Intel Bakal Kembali Hadirkan Prosesor 10nm+ Ice Lake Terbaru Mendatang

Intel Bakal Kembali Hadirkan Prosesor 10nm+ Ice Lake Terbaru Mendatang

Belum lagi prosesor 14nm Coffee Lake dihadirkan, namun Intel tampaknya telah mengekspos kembali prosesor 10nm Ice Lake terbarau mendatang lainnya melalui situs resminya yang konon digadang-gadang sebagai salah satu penerus prosesor Intel Core generasi ke 8.

Meski tidak secara gamblang merinci keberadaan prosesor tersebut, namun Intel telah menegaskan kalau prosesor baru yang menampilkan proses 10nm+ tersebut diklaim sebagai penerus keluarga prosesor Intel Core generasi ke 8. Yang terpenting dalam hal ini, Intel kabarnya juga telah mempertegas kalau prosesornya tersebut adalah “pengganti” untuk produk generasi kedelapan, dan bukan “penerus”.

Chip generasi kedelapan, yang lebih dikenal dengan Coffee Lake, akan segera dirilis dan dipasarkan. Kehadiran Coffee Lake ini sendiri diperkirakan dipandang sebagai respons terhadap keberadaan prosesor AMD Ryzen yang berhasrat bangkit kembali untuk menawarkan lebih banyak core bagi pasaran Desktop.

Intel akan mengumumkan prosesor Coffee Lake generasi ke 8 yang baru, yang dibangun di atas proses 14nm ++, pada tanggal 21 Agustus bertepatan saat berlangsungnya gerhana matahari total. Produk generasi kedelapan tersebut boleh dibilang sebagai indikasi kiprah terbaru Intel menuju periode ‘pengoptimalan’ yang diperluas dengan setiap node proses, dengan penerapan tiga iterasi prosesnya yang memperluas Hukum Moore (seperti generasi 14nm, 14nm+ dan 14nm ++) .

Ice Lake sendiri akan menampilkan proses 10nm+, sedangkan prosesor Cannon Lake akan menampilkan iterasi pertama proses 10nm. Dengan demikian kedua prosesor Intel terbaru mendatang tersebut disebut juga sebagai sama-sama “penerus” prosesor generasi kedelapan.

Strategi tiga langkah yang sama ini akan berlanjut ke proses Intel 10nm juga, namun Intel juga telah mengumumkan awal tahun ini selama hari pembuatannya kalau prosesor baru tersebut dapat menampilkan beberapa komponen dengan berbagai node proses. Taktik ini memanfaatkan skala ekonomis dan manfaat lain dari proses yang ada untuk membangun beberapa komponen, seperti uncore, dengan simpul yang lebih tua dan lebih mapan. Dengan begitu prosesor Ice Lake akan memiliki teknologi 10nm+, dan juga fitur komponen lain yang dibuat dengan berbagai litografi.

Sementara itu, Intel juga kabarnya telah mengembar-gemborkan strategi ‘Data Center First’ barunya selama hari pembuatannya. Intel tampak perlahan tapi pasti akan beralih dari praktik tradisionalnya untuk memulai proses dan arsitektur baru dengan prosesor mainstream, dan bukannya memilih untuk membawa desain baru ke jajaran data center terlebih dahulu.

Bercermin dari kedua hal tersebut, kemungkinan Ice Lake akan merambah ke pusat data terlebih dahulu, dan barulah kemudian diikuti ke desktop. Ya setidaknya itu yang bisa menjelaskan keberadaan kedua penerus prosesor kedelapannya tersebut.

NO COMMENTS

Leave a Reply