Pada acara perhelatan teknologi terkemuka awal tahun ini CES 2014, CEO perusahaan Intel Brian Krzanich memperkenalkan CPU Komputer mini seukuran SD card bernama Edison. Komputer yang sangat kecil ini menggunakan teknologi 22nm transistor dan berjalan di atas OS linux dengan dukungan Wifi dan Bluetooth, bahkan hebatnya lagi komputer super mungil ini bisa terkoneksi dengan Intel app store.

intel-edison

Kecepatan CPU Intel Edison sendiri adalah 400 Mhz dan sudah menggunakan dual core. Dan memang ukuran yang sangat kecil ini memungkinkan para pengembang berkreasi untuk berbagai perangkat, dan terutama perangkat wearable (yang dipakai oleh manusia).

Salah satu penerapan Intel Edison yang sudah ada adalah untuk Mimo Baby Monitor yang menempel pada baju bayi seperti tampak pada gambar berikut:

mimo_baby_monitor

Baju Mimo ini memiliki sensor yang mendeteksi pernafasan bayi, dan dengan dipasangkan dengan Mimo Turtle, maka perangkat ini dapat memonitor tubuh bayi, seperti pernafasan, suhu kulit, posisi tubuh dan level aktivitas. Semua data ini akan dikirim ke perangkat Mimo Lilypad Base Station melalui Bluetooth Low Energy yang aman bagi bayi.

Bahkan kita bisa memonitor semua data dari bayi melalui aplikasi iOS atau Android seperti tampak pada gambar berikut:

aplikasi-mimo-baby