Perusahaan pembuat prosesor ternama dunia, Intel, kini tengah memulai membangun prosesor berbasis arsitektur Ivy Bridge 22 nm. Produksinya sendiri akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2012. Dengan teknologi ini, mereka mengklaim bahwa prosesornya selangka lebih maju daripada prosesor milik AMD maupun ARM.

Meskipun begitu, nampaknya Intel masih belum merasa puas. Dalam sebuah wawancara dengan Direktur Manager Intel Eropa bagian utara, Pat Bliemer mengatakan bahwa perusahaanya masih terus melakukan penelitian. Bahkan, kepada Nordic Hardware yang dikutip dari Electronista dia mengatakan bahwa Intel kini tengah melakukan pengujian terhadap prosesor terbarunya berbasis 14nm.

Sebelumnya, untuk menghasilkan prosesor berbasis Ivy Bridge, Intel mengembangkan 3D atau Tri-gate transistor. Komponen elektronik multidimensi ini memiliki karateristik termal dan power yang lebih baik sekaligus desain yang lebih compact. Jika Intel mengatakan kini tengah melakukan pengujian prosesor 14nm, maka mereka telah berhasil mengembangkan teknologi 3D transistor ke arah lebih baik lagi.

Pat Bliemer sendiri enggan menyebutkan lebih lanjut perihal tersebut. Yang pasti, ujarnya, para peneliti di lab Intel kini tengah bekerja mengenai hal tersebut dan siap untuk diproduksi untuk waktu mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here