Bagi kalangan overclocker, pasti tidak asing dengan prosesor seri K dari Intel. Prosesor yang dalam keadaan ter-unlock ini memudahkan para overclocker untuk mengulik kemampuan prosesor tersebut hingga mencapai batasnya. Berbeda dengan prosesor non-K, prosesor dengan tambahan huruf K ini juga dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan prosesor non-K.

Intel-Skylake-Non-K-OC-0

Namun pada informasi sebelumnya, prosesor non-K terbaru dari Intel, Skylake, juga dapat dioverclock, layaknya prosesor seri K. Salah satunya adalah AsRock yang merilis update BIOS pada jajaran motherboard Intel Skylake mereka, dengan dilengkapi fitur Sky OC yang mampu membuka celah overclock pada prosesor non K. Tidak hanya AsRock, hampir seluruh vendor motherboard seperti Asus, Biostar, EVGA, Gigabyte dan MSI pun juga melakukan hal serupa. Bahkan dapat dilakukan di berbagai jajaran chipset motherboard Skylake, dari B150, B170, H170 hingga Z170.

Tapi kabarnya kini Intel melarang segala jenis tindakan overclock pada prosesor non K. Sebagaimana yang diberitakan oleh WCCFtech, Jumat (5/2/2016), disebutkan bahwa Intel dalam waktu dekat bakal merilis BIOS untuk menghilangkan celah overclock pada prosesor non-K. Seperti yang telah kita informasikan sebelumnya, pada prosesor non-K ini para pengguna dapat melakukan overclock dengan mengubah Base Clock alias BCLK pada BIOS.

Tidak selang lama kabar Intel akan meluncurkan update BIOS tersebut, beberapa vendor ternyata telah merilis update terbaru untuk motherboard mereka, dengan menghilangkan fitur overclock pada prosesor non-K. Seperti AsRock, belum lama ini mereka merilis versi BIOS terbaru, yang mana fitur Sky OC tersebut dihapuskan. Hal tersebut menandakan bahwa Intel nampaknya telah berkoordinasi dengan berbagai vendor untuk menghapuskan fitur tersebut.

Fitur SkyOC yang dihapus pada BIOS terbaru AsRock
Fitur SkyOC yang dihapus pada BIOS terbaru AsRock

Intel mengatakan bahwa dengan melakukan overclock pada prosesor non-K ini bisa berimbas kepada kestabilan prosesor tersebut. Bahkan tidak hanya itu, panas yang berlebih juga bisa timbul karena pada dasarnya prosesor non-K didesain bukan untuk overclock. Namun dari data pengujian, saat prosesor non-K Core i3 6100 di overclock hingga menyentuh angka 4,5GHz, saat dilakukan pengujian single thread menggunakan program Cinebench, mampu mengalahkan performa dari Core i7 4770K.

Bagaimana, apakah Anda termasuk yang mencicipi fitur ini? Cukup disayangkan apabila harus kehilangan fitur yang sangat menarik ya.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here