Intel, salah satu produsen dan pengembang prosesor terbesar didunia kini kembali menghadirkan jajaran prosesor terbarunya. Baru-baru ini Intel secara resmi mengumunkan kehadiran prosesor baru generasi keenam Skylake. Kehadiran prosesor terbaru Intel ini memang sangat dinanti oleh masyarakat, salah satu alasannya karena prosesor ini khusus dirancang agar dapat kompatibel dengan perangkat apa saja mulai dari tegangan 4.1 watt hingga 91 watt.

skylake_02

Untuk menyasar perangkat elektronik mobile yang lebih luas, intel telah mendesain secara khusus prosesor miliknya. Kali ini setidaknya Intel menghadirkan empat varian prosesornya yang setiap varian telah dirancang khusus agar optimal dan efisien. Keempat varian ini meliputi seri Y, seri U, seri H, dan seri S. Untuk Seri Y dan Seri U dirancang khusus untuk perangkat mobile yang memiliki daya rendah dan dimensi ruang yang kecil.

skylake_01

 

Seri Y hadir sebagai M3 dan M5 Core yang menggunakan daya sebesar 4,5w, chip dual core dengan dukungan HyperThreading dan Intel HD Graphic 515. Sebagai contoh, seri Y cocok ditanamkan pada perangkat mobile berdaya rendah seperti tablet, laptop 2 in 1, atau compute stick.

intel-compute-stick-core-m

Sementara untuk seri U lebih cocok ditanamkan ke dalam perangkat mobile seperti ultrabook, mini PC, atau AIO yang memiliki daya lebih besar. Sasaran segmen untuk seri U dan seri S sebenarnya sama, hanya saja untuk seri S memiliki performa yang jauh lebih unggul. Untuk Skylake seri S sendiri juga dapat mendukung perangkat PC Dekstop dan AIO.

Yang terakhir adalah seri H, untuk Skylake seri H lebih cocok ditanamkan kedalam notebook yang ditujukan untuk keperluan gaming atau grafis yang cukup berat, karena seri H memang dikhususkan pada perangkat mobile yang mengutamakan performa dan grafis.

Tak hanya segi efisiensi daya saja yang ditingkatkan pada Skylake versi mobile, tingkat kemampuan grafis pun juga ditingkatkan hingga 40%. Intel tak hanya sekedar memperkenalkan prosesor Skylake, dalam beberapa bulan kedepan, Intel juga akan memperkenalkan prosesor Xeon yang dikhususkan untuk notebook multimedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here