Intel tampaknya benar-benar memanaskan pasaran ketika mendatangkan produk yang didasarkan pada teknologi memori 3D Xpoint-nya. Dikenal sebagai Intel Optane, raksasa teknologi chip tersebut baru-baru ini telah merilis sejumlah produk drive ritel unggulannya, termasuk diantaranya Optane SSD DC P4800X, yang tersedia dalam kapasitas 375GB, dan Optane SSD 900P, yang merupakan produk drive kelas entusias yang tersedia dalam kapasitas 280GB dan 480GB.

Terkait keberadaan Optane SSD DC P4800X, yang diklaimnya sebagai SSD tercepat saat ini, Intel kabarnya baru saja memperluas kapasitasnya dari yang sebelumnya hanya 375GB kini menjadi 750GB. Seperti saudaranya yang berkapasitas 375GB, Intel Optane SSD DC P4800X 750GB yang baru akan tersedia dengan kartu add-in half-height half-length (HHHL) dan form factor U.2 2,5 inci. Lonjakan kapasitas yang signifikan ini seharusnya membantu meringankan kegelisahan penyimpanan terutama khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan kinerja yang dapat diandalkan dengan batasan ruang fisik yang sesuai.

Peningkatan kapasitas dan variasi form factor yang ada, memperluas opsi penerapan pusat data dan memberikan fleksibilitas tingkat solusi dan total biaya kepemilikan bagi pelanggan. Teknologi Intel Optane untuk pusat data yang menggabungkan atribut memori dan penyimpanan dengan latensi rendah, daya tahan tinggi, kualitas layanan dan throughput tinggi yang luar biasa, dapat menciptakan data tier baru yang meningkatkan skala per server dan mengurangi biaya transaksi.

Ke hadiran model Optane SSD DC P4800X yang baru ini diharapkan dapat dipasangkan dengan keluarga prosesor Intel Xeon Scalable terbaru, yang mencakup multi-core luar biasa seperti Xeon Platinum 8180 dengan usungan 28-core dan 56-thread.

Versi HHHL dan U.2 dari model 750GB Intel Optane SSD DC P4800X ini dijadwalkan baru akan tersedia akhir bulan ini. Meskipun Intel sendiri belum mengungkap harganya, namun dapat diperkirakan kalau harga yang ditawarkannya akan berada diatas harga model 375GB sebelumnya yang kabarnya saat ini dipasarkan oleh Amazon dengan label harga $ 1.800 atau sekitar 24,3 jutaan rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here