Tahun 2017 mendatang nampaknya bakal menjadi tahun yang sangat sengit bagi AMD dan Intel. Bagaimana tidak, pada awal tahun tersebut mereka berdua bakal meluncurkan prosesor andalan mereka masing-masing. AMD dengan prosesor monsternya yang menggunakan arsitektur Zen, sedangkan Intel bakal hadir dengan prosesor generasi ke-7 mereka, Kaby Lake.

Namun baru saja terdapat sebuah informasi untuk para konsumen setia Intel yang cukup menggembirakan. Seperti yang dilansir dari TweakTown, disebutkan bahwa Intel bakal menghadirkan prosesor varian “K” pada jajaran Core i3 mereka.

intel-core-i3-7350k

Prosesor dengan seri Core i3 7350K ini muncul pada sebuah daftar yang beredar di internet belum lama ini. Pada daftar tersebut, tidak hanya Core i5 7600K dan Core i7 7700K yang menyandang nama dengan imbuhan huruf “K”, namun juga prosesor Intel Core i3 tersebut.

Intel Core i3 7350K ini memiliki base clock sebesar 4,2GHz, sama seperti sang kakak Core i5 7600K. L3 cache yang terdapat pada prosesor ini sebanyak 4MB. Untuk jumlah core masih sama dengan varian Core i3 yang lain, yakni sebanyak dua buah, dengan empat thread. Soal TDP atau daya yang dibutuhkan prosesor ini, besarnya sama seperti dengan dua varian jajaran “K” lainnya, yakni 91 Watt.

Tak hanya itu saja, ada rincian harga yang terbilang masuk akal untuk dapat meminang prosesor generasi ke-7 tersebut, yakni dibanderol dengan harga 177,34 USD atau berkisar 2,4 juta Rupiah. Sedangkan untuk Core i5 7600K dan Core i7 7700K dipatok dengan harga 252,20 USD dan 362,28 USD (berkisar 3,4 juta dan 4,9 juta Rupiah).

intel-kaby-lake-desktop

Seperti yang kita tahu bahwa prosesor dengan tambahan huruf “K” ini merupakan prosesor yang memiliki potensi untuk digeber lebih kencang, melalui overclock. Namun dari generasi┬ákedua, Sandy Bridge hingga yang terakhir Skylake, prosesor dengan imbuhan “K” ini minimal hadir pada jajaran Core i5. Namun nampaknya Intel tertarik untuk memberikan potensi lebih pada jajaran Core i3 mereka yang baru.

Sayangnya hingga kini masih belum ada informasi pasti kapan prosesor generasi terbaru Intel ini bakal hadir di pasaran. Sepertinya awal tahun 2017 bakal menjadi awal yang seru bagi AMD dan Intel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here