Salah satu kekurangan iPad terbaru yang banyak diperbincangkan adalah mudah panasnya tablet terbaru dari Apple tersebut saat digunakan atau biasa disebut dengan overheating.

Dan menurut sebuah studi yang dirilis oleh sebuah situs asal Belanda, Tweakers.net, iPad terbaru memang memiliki peningkatan suhu panas rata-rata 5 derajat Celcius dari iPad 2.

Tweakers.net menjalankan uji benchmark OpenGL yang menekankan pada kemampuan sistem grafis. Pegujian ini dilakukan pada iPad 2 dan iPad terbaru selama 5 menit. Hasilnya, iPad 2 mencapai suhu 28,3C sedangkan iPad terbaru menembus suhu 33,6C.

Kenaikan suhu ini diklaim Apple bukanlah hal yang serius, karena iPad terbaru dibekali dengan sensor built-in untuk melindungi prosesor dan bisa menonaktifkan perangkat tersebut jika suhu dianggap terlalu panas dan berbahaya. Apple  jugamengatakan iPad dapat digunakan secara aman hingga suhu 35 derajat Celcius.

Kemungkinan besar penyebab iPad terbaru jauh lebih cepat panas dari iPad 2 adalah karena penggunaan prosesornya. iPad 2 menggunakan prosesor A5 dengan GPU PowerVR SGX543MP2, sementara iPad terbaru menggunakan prosesor A5X dengan GPU SGX543MP2 yang menjalankan piksel 4x lebih banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here